HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS AL-HAMID

Authors

  • Ardiles Delta Asmara
  • Indira Chanum
  • Sjenny A Indrawati

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.02

Keywords:

Penyesuaian diri siswa, prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hamid Jakarta Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa kelas VII dengan menyesuaikan diri pada lingkungan barunya di MTs Al-Hamid, dan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hamid Jakarta Timur.Populasi berjumlah 104 siswa baru di MTs Al-Hamid yaitu kelas VII yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi Product Moment Pearson. Instrumen yang digunakan berdasarkan kategori penyesuaian diri oleh Mohammad Asrori dan nilai rapor untuk variabel prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel penyesuaian diri yang mendapatkan skor tinggi berjumlah 55% dari sampel dengan nilai di atas nilai mean (78,92), sedangkan variabel prestasi belajar yang mendapatkan skor tinggi juga berjumlah 55% dilihat dari nilai KKM pada sekolah tersebut. Diperoleh hasil korelasi hubungan antara penyesuaian diri dan prestasi belajar sebesar 0,430 dengan nilai r tabel sebesar 0,312.Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penyesuaian diri dan prestasi belajar pada siswa kelas VII di MTs Al-Hamid Jakarta Timur karena r hitung lebih besar dari nilai r tabel.

Published

2013-12-31