HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS AL-HAMID
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.02Keywords:
Penyesuaian diri siswa, prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hamid Jakarta TimurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa kelas VII dengan menyesuaikan diri pada lingkungan barunya di MTs Al-Hamid, dan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hamid Jakarta Timur.Populasi berjumlah 104 siswa baru di MTs Al-Hamid yaitu kelas VII yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi Product Moment Pearson. Instrumen yang digunakan berdasarkan kategori penyesuaian diri oleh Mohammad Asrori dan nilai rapor untuk variabel prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel penyesuaian diri yang mendapatkan skor tinggi berjumlah 55% dari sampel dengan nilai di atas nilai mean (78,92), sedangkan variabel prestasi belajar yang mendapatkan skor tinggi juga berjumlah 55% dilihat dari nilai KKM pada sekolah tersebut. Diperoleh hasil korelasi hubungan antara penyesuaian diri dan prestasi belajar sebesar 0,430 dengan nilai r tabel sebesar 0,312.Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penyesuaian diri dan prestasi belajar pada siswa kelas VII di MTs Al-Hamid Jakarta Timur karena r hitung lebih besar dari nilai r tabel.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY