Gambaran Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa SMK Insan Global Jakarta

  • Eka Noviri Wijayanti
  • Wirda Hanim
  • Dharma Setiawaty R
Keywords: tugas perkembangan, pencapaian tugas perkembangan siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pencapaian tugas perkembangan pada siswa SMK Insan Global Jakarta. Metode yang digunakan adalah survey yang bersifat deskriptif, sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Insan Global Jakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportional stratified random sampling dengan sampel sebanyak 63 responden. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah Inventori Tugas Perkembangan (ITP) tingkat SMA yang dikembangkan oleh Kartadinata, dkk. Data penelitian dikategorikan sebagai tingkatan perkembangan yang dikemukakan Loevinger untuk siswa tingkat SMA, yaitu Konformitas, Sadar diri, Seksama, dan Individulitas. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisa menggunakan program aplikasi khusus ATP (Analisa Tugas Perkembangan) versi 3,5. Secara keseluruhan siswa memiliki skor rata-rata profil tugas perkembangan sebesar 4,67 yang berarti mencapai tingkatan Sadar diri. Dengan demikian siswa memiliki ciri-ciri (1) mampu berpikir alternatif, (2) melihat harapan dan berbagai kemungkinan dalam situasi, (3) peduli untuk mengambil manfaat dari kesempatan yang ada, (4) orientasi pemecahan masalah, (5) memikirkan cara hidup, serta (6) penyesuaian terhadap situasi dan peranan. Adapun tugas perkembangan dengan rata-rata skor tertinggi yang dicapai responden adalah Kematangan Hubungan Dengan Teman Sebaya 4,88, skor ini diasumsikan termasuk pada tingkat pencapaian Seksama. Sedangkan tugas perkembangan dengan skor rata- rata terendah yang dicapai responden adalah Kematangan Emosional 4,53, skor ini mencerminkan responden berada di tingkat Sadar diri. Lebih jauh lagi, skor profil tugas perkembangan yang dicapai kelas X sebesar 4,67, kelas XI sebesar 4,68, dan kelas XII sebesar 4,66. Pencapaian skor ini mencerminkan responden dari seluruh strata berada pada tingkat Sadar diri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran pencapian tugas perkembangan siswa SMK Insan Global Jakarta berada pada tingkat Sadar Diri menuju Seksama, maka diperlukan upaya bantuan, agar siswa dapat mencapai tingkatan ideal yang hendaknya dicapai pada masa remaja.

Published
2013-12-31