Pengembangan Program Bimbingan Dan Konseling Karir Sekolah Menengah Kejuruan Model Employability Skill

  • Endah Susanti Pujiastuti SMK Negeri 6 Kota Bekasi
  • Susi Fitri Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model Employability Skill, Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling Karir SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program bimbingan dan konseling karir SMK model Employability Skill. Penelitian ini didasari hasil analisis asesmen kebutuhan dan permasalahn karir melalui penyebaran angket Inventori Tugas Perkembangan (ITP) di SMKN 6 kota Bekasi. Hasil yang di dapat rata-rata aspek wawasan kesiapan karir siswa 5,89 simpangan baku 0,25 dan koofesien variensi 6,78% artinya, kebutuhan akan kondisi obyektif perkembangan karir siswa sangat diperlukan bagi siswa. selain aspek wawasan dan kesiapan karir siswa juga perlu di bekali dengan ketrampilan employability skillnya agar peserta didik yang telah meninggal bangku sekolah menengah kejuruan sudah siap untuk terjun di dunia industry. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang di batasi pada 7 langkah yaitu: (1) Tahap penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Tahap perencanaan produk dan desain, (3) Tahap pengembangan produk awal, (4) Uji validasi ahli, (5) Revisi Produk, (6) Uji lapangan oleh pengguna , (7) Revisi produk akhir. Pengujian produk melibatkan ahli bimbingan dan konseling, serta guru bimbingan dan konseling sekolah menengah kejuruan di Kota Bekasi. Berdasarkan hasil pengujian, maka pengembangan program bimbingan dan konseling karir model employability skill dinyatakan layak untuk diimplementasikan pada siswa SMK. Penelitian ini juga membahas mengenai kelemahan program yang ditemukan setelah uji coba dilakukan sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya.

References

Alam, S. (2016). Tingkat pendidikan dan pengangguran di Indonesia: Telaah serapan tenaga kerja SMA/SMK dan sarjana. Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), 14, 250–257.

Crites, J. O. (1981). Career counseling: Models, methods, and materials. New York: McGraw-Hill.

Darmiyati, Z. (2012). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi. Yogyakarta: UNY Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Rencana Strategis. 2005-2009. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Effendy, O. U. (2005). Ilmu komunikasi: Teori dan praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elfindri, Rumengan, J., Wello, M. B., Tobing, P., Eriyani, E., & Indra, R. (2010). Soft skills untuk pendidik. Jakarta: Baduose Media.

Goodwin, K. (2012). Higher education and the employability agenda: Sport and exercise science leading the way. The Sport and Exercise Scientist, 33, 18–19.

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kusnadi, S. H. (2010). Perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU [Unpublished Undergraduated thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lankard, B. A. (1990). Employability--The Fifth Basic Skill (ED325659). ERIC. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED325659.pdf Washington, DC.

Lent, R. W., & Brown, S. D. (2013). Understanding and facilitating career development in the 21st century. In S. D. Brown & R. W. Lent (Eds.), Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work (2nd ed., pp. 1–28). John Wiley & Sons.

Saydono, G. (1997). Kamus istilah kepegawaian. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sharf, R. S. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling (6th ed.). Boston: Thomas Brooks/Cole.

Sudjimat, D. A. (2013). Pengembangan Kecakapan Kemampuan Kerja untuk Meningkatkan Kualitas SDM Unggul Abad XII. Malang: UM Press.

Sumarno. (2008). Employability Skills dan Pengaruhnya terhadap Penghasilan Lulusan SMK Teknologi Industri. Jurnal Kependidikan: Penleitian Inovasi Pembelajaran, 38(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jk.v38i1.2268

Supriatna, M., & Budiman, N. (2010). Layanan bimbingan karier di Sekolah Menengah Kejururan. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2020-06-30