Pengembangan Media Pembelajaran Karir “Roe” Berbasis Permainan Sebagai Upaya Peningkatan Wawasan

  • Sudharno Dwi Yuwono
  • Restu Aidah

Abstract

Layanan klasikal sebagai strategi pencapaian kompetensi dalam bidang karir selama ini tidak menggunakan media yang tepat. media yang menyenangkan adalah media permaian. Bermain membuat siswa tidak bosan dalam belajar. Dilihat dari hal itu maka penting dikembangkan media layanan klasikal dalam bidang karir berbasis permainan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media mengenai infromasi mengenai berbagai macam profesi yang dapat digunakan dalam layanan klasikal dan untuk mengetahui seberapa efektifkah media ini dapat dugunakan untuk mengembangkan wawasan karir siswa. Perumusan pada penelitian ini dirumuskan masalah apakah dapat dikembangkan media karir untuk meningkatkan wawasan karir siswa? Media yang akan dikembangkan peneliti adalah media permainan papan bergambar, dadu dan kartu. Isi media berupa nama-nama pekerjaan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Media ini akan dibuat dengan dasar teori Anne Roe. Media dirancang agar dapat dimainkan oleh minimal dua orang dan maksimal lima orang. Pada penelitian kali ini sesuai dengan metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), maka peneliti menggunakan dua instrumen penelitian. Dua instrumen tersebut digunakan untuk alpha tes. Tiap aspek penilaian didasarkan pada teori Winarno (2009), yang kemudian dikembangkan menjadi butir-butir pertanyaan.

Published
2017-06-30
How to Cite
YUWONO, Sudharno Dwi; AIDAH, Restu. Pengembangan Media Pembelajaran Karir “Roe” Berbasis Permainan Sebagai Upaya Peningkatan Wawasan. INSIGHT: JURNAL BIMBINGAN KONSELING, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 82 - 89, june 2017. ISSN 2252-9055. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/3180>. Date accessed: 19 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/INSIGHT.061.08.
Citation Formats