Gambaran Tingkat Self-Efficacy dalam Keputusan Karir Peserta Didik Di Sekolah Penyelenggara Program Peminatan (Survei Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 99 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.052.05Keywords:
Self-Efficacy Keputusan Karir, Program Peminatan, Efikasi Diri, Keputusan Karir, Peserta Didik Kelas VIIIAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empirik mengenai profil self-efficacy keputusan karir peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 99 Jakarta. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik systematic sampling dengan jumlah responden 168 peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 99 Jakarta. Instrumen penelitian menggunakan instrumen model skala psikologi. Pengumpulan data menggunakan instrumen model skala psikologi yang berisi 46 item pernyataan yang bertingkat. Analisis uji validitas instrumen menggunakan Product Moment Pearson dengan bantuan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Versi 20.0. Uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Versi 20.0. hingga diperoleh hasil 0,890 yang berarti bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi dan layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitan menunjukkan 81,55 % self-efficacy keputusan karir peserta didik kelas VIII di sekolah menengah pertama Negeri (SMPN) 99 Jakarta berada pada kategori sedang, 14,85% berada pada kategori rendah, dan 3,6% self-efficacy keputusan karir peserta didik kelas VIII di sekolah menengah pertama Negeri (SMPN) 99 Jakarta berada pada kategori tinggi. Ditandai dengan perkembangan kapasitas, sikap, minat, dan kebutuhan yang terkait dengan konsep diri. Konsep diri yang dimiliki individu terbentuk melalui identifikasi terhadap figur-figur keluarga dan lingkungan sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY