PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BODY IMAGE COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP SISWI SMK YANG MEMILIKI CITRA TUBUH NEGATIF

  • Nurul Fazriah Universitas Negeri Jakarta
  • Susi Fitri Universitas Negeri Jakarta
  • Aip Badrudjaman Universitas Negeri Jakarta
Keywords: konseling kelompok, body image, cognitive behavioral therapy, body image cognitive behavioral therapy, siswi SMK, citra tubuh negatif

Abstract

Penelitian Quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan Body Image Cognitive Behavioral Therapy (BI-CBT) terhadap Siswi kelas XI di SMK Negeri 1 Babelan yang Memiliki Citra Tubuh Negatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Babelan sebanyak 6 orang pada kelompok tretment dan 6 orang pada kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunaakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Quasi experimental design dan bentuk desain Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner MBSRQ dan dianalisis menggunakan  Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis menunjukkan nilai sig.=  0.028  pada  kelompok  treatment  yang  berarti  nilai  probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansi α =  0.05, dengan demikian dapat  disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.  Hasil  analisis dapat  diartikan  bahwa  Konseling kelompok pendekatan Body Image Cognitive Behavioral Therapy (BI-CBT)  berpengaruh  terhadap body image siswi kelas XI di SMK Negeri 1 Babelan. Siswi  yang  telah mengikuti Konseling kelompok dengan pendekatan Body Image Cognitive Behavioral Therapy (BI-CBT) dapat memahami dirinya dan mengendalikan pola pikir serta perasaannya terhadap caranya memandang dirinya dan tanggapan dari orang lain. Hal tersebut membuat siswi menjadi lebih mampu untuk menerima diri dan tampil lebih percaya diri.

Published
2017-12-31