Penerapan Cognitive Behavioral Play Therapy untuk Anger Expression pada Anak

(Single Subject Research pada satu siswa kelas VI SD Al Irsyad Al Islammiyah, Bekasi, Jawa Barat)

  • Sjenny Anggraeni Indrawati Universitas Negeri Jakarta
  • Michiko Mamesah Universitas Negeri Jakarta
  • Audia Purnama Putri Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Behavior Play Therapy untuk Anger Expression pada satu siswa kelas VI SD Al Irsyad Al Islammiyah, Bekasi, Jawa Barat. Metode penelitian adalah Single Subject Research dengan desain penelitian A-B. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi yang dikembangkan melalui indikator pengekspresian kemarahan oleh Spielberger yaitu Anger In, Anger Out, dan Anger Control. Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada indikator Anger In mengalami penurunan dari kondisi baseline hingga kondisi intervensi sebesar 1.3, hal yang sama terjadi pada indikator Anger Out mengalami penurunan sebesar 5.8 sedangkan pada indikator Anger Control menunjukkan peningkatan sebesar 7.2. Adanya penurunan pada Anger Out dan adanya peningkatan pada Anger Control menunjukkan bahwa Cognitive Behavioral Play Therapy berpengaruh dalam membantu anak dalam mengelola ekspresi emosi marahnya.

Kata Kunci: Kemarahan, Anger Expression, Anger In, Anger Out, Anger Control, perilaku, kognitif, konseling Individual, cognitive behavioral play therapy.

References

Baradja, A. (2005). Psikologi Perkembangan: Tahapan-tahapan dan Aspek-aspeknya. Jakarta: Studia Press
Carr, T. (2007). 131 Creative Strategies for Reaching Children with Anger Problems. South Carolina: YouthLight, Inc
Djiwandono, S. E. (2005). Konseling dan Terapi dengan anak-anak dan orang tua. Jakarta: Gramedia.
Fazio-Griffith, L. J., & Ballard, M. B. (2014, January 17). VISTAS Online. Retrieved February 21, 2017, from counseling.org: https://www.counseling.org/docs/default-source/vistas/article_18.pdf?sfvrsn=12
Fischetti, B. A. (2010). Play Therapy for Anger Management in the Schools. In A. A. Drewes, & C. E. Schaefer, School-Based Play Therapy (pp. 283-306). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Hidayat, D. R., & Siwabessy, L. (2015). Pendekatan-Pendekatan Kontemporer dalam Konseling di Sekolah. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Knell, S. M. (2009). Cognitive Behavioral Play Therapy: Theory and Applications. In A. A. Drewes, Blending Play Therapy with Cognitive Behavioral Therapy (pp. 117-134). New Jersey: John Wiley Sons, Inc.
Mashar, R. (2008). Play Therapy dalam Kelompok Guna Meningkatkan Emosi Positif Anak Usia Dini. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Norton, B. E., & Norton, C. C. (2006). Experiental Play Therapy. In C. E. Schaefer, & H. G. Kaduson, Contemporary Play Therapy (pp. 28-54). New York: The Guilford Press
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development: Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana
Pearce, J. (1990). Bagaimana Mengatasi Ledakan Amarah. Jakarta: Binarupa Aksara
Safaria, T., & Saputra, N. E. (2009). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. Jakarta: Penerbit Erlangga
Spielberger, C. D., & Reheiser, E. C. (2010). The Nature and Measurement of Anger. In M. Potegal, G. Stemmler, & C. Spielberger, International Book of Anger (p. 403). New York: Springer.
Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Tsukuba: CRICED University of Tsukuba.
Szymanska, K., & Palmer, S. (2000). Cognitive Counselling and Psychotherapy. In S. Palmer, Counseling and Psychotherapy (pp. 56-69). London: SAGE Publications.
Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rosda.
Published
2018-06-27