Pengembangan Software Manajemen Pengumpulan Data BK Komprehansif Untuk SMA Muhammadiyah di DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/insight.071.07Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Manajemen Pengumpulan Data, SoftwareAbstract
Pengelolaan data atau manajemen dalam paradigma BK komprehensif memiliki kedudukan penting. Kegiatan manajemen sama pentingnya dengan tiga komponen program lainnya yaitu pembuatan dasar program, sistem layanan dan evaluasi. Berdasarkan kesadaran tersebut maka dilakukan penelitian yang menghasilkan model manajemen data BK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dihasilkan produk berupa desain alur manajemen data BK dan modul panduan pelaksanaanya. Produk yang dihasilkan telah melalui uji hipotetik yaitu ahli konten BK 86 %, uji ahli grafika 80 % dan praktisi 76 %. Berdasarkan hal tersebut produk sudah pada kategori baik. Hal itu berarti produk yang dihasilkan, ditinjau dari ahli, dapat digunakan untuk mempermudah pelaksanaan manajemen data guru Muhammadiayah di Jakarta. Produk tersebut masih dalam bentuk pelaksanaan model hipotetik. Model tersebut pada tahap penelitian ini dikembangkan menjadi software manajemen data atau yang disebut Acmata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Berdasarkan uji ahli software produk telah sesuai 100% artinya dari segi materi software ini sesuai dengan konsep rancangannya dan uji pengguna terbatas menggunakan usability test sebesar 74% atau pada kategori cukup. Hasil menunjukan software masih memiliki kekurangan. Kekurangan pada aspek learnability, efficienci, memorability, errors, dan statification. Oleh karena itu, hasil penelitian ini perlu dikembangkan kembali dan diuji efektivitasnya pada kondisi yang sebenarnya dalam proses manajemen data.
References
Asni & Yuwono, S.D. (2017). Model Dasar Manajemen Pengumpulan Data BK Komprehensif untuk SMA Muhammadiyah di DKI Jakarta. Jurnal Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 1-7.
Badrujaman, A. (2011). Teori dan Aplikasi Evluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Komalasari, G. (2011). Asesmen Teknik Non tes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwoko, B. (2008). Organisasi dan manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Santoadi, F. (2010). Manajmen dan Konseling Komprehensif. Semarang: Semarang Press.
Silalahi, U. (2002). Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, D. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Targeh, I Made, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Winarno, dkk. (200). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Malang: Malang: Genius Prima Media
Yusri. (2014). Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Pembinaan Siswa Pada SMA di Kota Sabang. (Unpublished master's thesis). Universitas Syiah Kuala, Aceh.
Yuwono, S. D. (2015). Pengembangan Software Evaluasi Layanan Dasar BK. (Unpublished master's thesis). Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Zamroni, E. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud 111. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY