Pengembangan Software Manajemen Pengumpulan Data BK Komprehansif Untuk SMA Muhammadiyah di DKI Jakarta

  • Sudharno Dwi Yuwono Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Asni Asni Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
Keywords: Bimbingan dan Konseling, Manajemen Pengumpulan Data, Software

Abstract

Pengelolaan data atau manajemen dalam paradigma BK komprehensif memiliki kedudukan penting. Kegiatan manajemen sama pentingnya dengan tiga komponen program lainnya yaitu pembuatan dasar program, sistem layanan dan evaluasi. Berdasarkan kesadaran tersebut maka dilakukan penelitian yang menghasilkan model manajemen data BK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dihasilkan produk berupa desain alur manajemen data BK dan modul panduan pelaksanaanya. Produk yang dihasilkan telah melalui uji hipotetik yaitu ahli konten BK 86 %, uji ahli grafika 80 % dan praktisi 76 %. Berdasarkan hal tersebut produk sudah pada kategori baik. Hal itu berarti produk yang dihasilkan, ditinjau dari ahli, dapat digunakan untuk mempermudah pelaksanaan manajemen data guru Muhammadiayah di Jakarta. Produk tersebut masih dalam bentuk pelaksanaan model hipotetik. Model tersebut pada tahap penelitian ini dikembangkan menjadi software manajemen data atau yang disebut Acmata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Berdasarkan uji ahli software produk telah sesuai 100% artinya dari segi materi software ini sesuai dengan konsep rancangannya dan uji pengguna terbatas menggunakan usability test sebesar 74% atau pada kategori cukup. HasilĀ  menunjukan software masih memiliki kekurangan. Kekurangan pada aspek learnability, efficienci, memorability, errors, dan statification. Oleh karena itu, hasil penelitian ini perlu dikembangkan kembali dan diuji efektivitasnya pada kondisi yang sebenarnya dalam proses manajemen data.

References

ASCA. (2003). The ASCA Nasional Model: A Framework for School counselling programs. New York: Alexandira VA.
Asni & Yuwono, S.D. (2017). Model Dasar Manajemen Pengumpulan Data BK Komprehensif untuk SMA Muhammadiyah di DKI Jakarta. Jurnal Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 1-7.
Badrujaman, A. (2011). Teori dan Aplikasi Evluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Komalasari, G. (2011). Asesmen Teknik Non tes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwoko, B. (2008). Organisasi dan manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Santoadi, F. (2010). Manajmen dan Konseling Komprehensif. Semarang: Semarang Press.
Silalahi, U. (2002). Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, D. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Targeh, I Made, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Winarno, dkk. (200). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Malang: Malang: Genius Prima Media
Yusri. (2014). Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Pembinaan Siswa Pada SMA di Kota Sabang. (Unpublished master's thesis). Universitas Syiah Kuala, Aceh.
Yuwono, S. D. (2015). Pengembangan Software Evaluasi Layanan Dasar BK. (Unpublished master's thesis). Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Zamroni, E. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud 111. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1-11.
Published
2018-06-27