Pengembangan Ensiklopedia Kelompok Tenaga Kerja Hukum dalam Layanan Bimbingan Klasikal di SMA Negeri 5 Bogor

  • Djunaedi Djunaedi Universitas Negeri Jakarta
  • Rika Amalia Permatasari UNJ
Keywords: Ensiklopedia, Tenaga Kerja, Hukum, Bimbingan Klasikal, Desain ADDIE

Abstract

Peserta didik SMA sedang berada pada tahap perkembangan eksplorasi karir membutuhan berbagai informasi karir. Berbagai alternatif informasi karir ini kemudian direncanakan untuk menjadi sebuah keputusan karir yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan peserta didik. Peserta didik memerlukan sebuah sumber informasi karir untuk menunjang hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia kelompok tenaga kerja hukum di Indonesia bagi peserta didik SMA Negeri 5 Bogor agar dapat memperoleh informasi mengenai kelompok tenaga kerja hukum di Indonesia. Ensiklopedia kelompok tenaga kerja hukum akan digunakan dalam layanan bimbingan klasikal bidang karier dengan topik kelompok tenaga kerja hukum. Penelitian ini ditujukan untuk kelas X, XI, dan XII. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 5 yang terdaftar dalam data sekolah. Sampel penelitian ini adalah sampel terjangkau yaitu kelas X dan XI menggunakan teknik sampling Accidentally Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif model penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Development, Design, Implementation, Evaluation). Adapun tahap penelitian dibatasi meliputi Analisis, Desain dan Pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Penilaian media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi ahli menyatakan media sangat layak sebesar 97% penilaian dari ahli media, 87% peniaian dari ahli materi, 86.4% penilaian dari peserta didik dan ketercapaian tujuan sebesar 84%.

References

Alfajria, N., & Sudjuni, I. (2015). Ensiklopedia tumpeng. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, 1, 1-10.
Amir, R., Iriani, D., Ariyanto, T., Haryanto, D., Rokhimah, S., Rejeki, S., … Listianingrum, T. (2014). Klasifikasi baku jabatan Indonesia. Jakarta: Kementerian dan Ketenagakerjaan Badan Pusat Statistik.
Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Prawoko, B., Hafina, A., Rustiana, Y. R., ... Sukmaja. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Farr, M., & Ludden, L. (2002). O'NET dictionary of occupational titles. Indianapolis: JIST Publishing.
Farr, M., & Shatkin, L. (2007). ONET: Dictionary of occupational titles (Fourth ed.). Canada: JIST Publisher.
Iskandar, Budijanto, & Amirudin, A. (2016). Pengembangan buku teks geografi dengan struktur penulisan ensiklopedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(4), 148-154.
Likoff, L., (2009). Career discovery Encyclopedia (7th ed.). New York: Fegusson Infobase Publishing.
Mukhtar, Budiamin, A., & Yusuf, S. (2016). Program layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan self-control siswa. Psikopedagogia, 5(1), 1-16.
Nurhatmi, J., Rusdi, M., & Kamid. (2015). Pengembangan ensiklopedia digital teknologi listrik berbasis Contextual Learning and Teaching (CTL). Edu-Sains, 4(1), 37-42.
Prihartanta, W. (2015). Ensiklopedia Umum (Nasional). Jurnal Adabiya, 5(85), 1-14..
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.
Sidharta, B. A. (2015). Etika dan kode etik profesi hukum. Veritas et Justitia, 1(1), 220-249.
Sisca & Gunawan, W. (2015). Gambaran adaptabilitas karier remaja. Jurnal Psikologi, 11(2), 111-119.
Sugiyono. (2012). Cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta
Sumaryono, E. (1995). Etika profesi hukum. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Winarta, F. H. (2015). Kode etik sebagai suatu pedoman bagi para arbiter. Indonesia Arbitration Quarterly Newsletter, 7(2), 10-13.
Witasari, A. (2011). Konsekuensi hukum bagi seorang arbiter dalam memutus suatu perkara berdasarkan Undang-Undang No. 30 Tahun 1999. Jurnal Hukum, 25(1), 474-489.
Published
2019-01-22