Pengembangan Buku Cerita Mengenai Gaya Pengambilan Keputusan Pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Jakarta

  • Meithy Intan Rukia Luawo Universitas Negeri Jakarta
  • Ninda Maulidya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model ADDIE, Buku Cerita, Gaya Pengambilan Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku cerita yang berisi materi gaya pengambilan keputusan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Jakarta. Buku cerita ini akan menjadi media penunjang pembelajaran yang dapat guru BK gunakan dalam memberikan layanan klasikal di sekolah. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 248 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 154 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Namun, tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil validasi dari ahli media diperoleh sebesar 95%, ahli materi sebesar 86,5% dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media buku cerita mengenai gaya pengambilan keputusan dikategorikan sangat layak dengan dilakukan perbaikan buku cerita terdiri dari judul buku, beberapa kosakata, mengubah warna pada kotak pengenalan tokoh, memberikan kotak pada kesimpulan pada setiap akhir bagian cerita, dan menambahkan ajakan untuk berkonsultasi ke guru BK. Selain itu, media memiliki keunggulan dari media adalah warnanya yang menarik dan alur cerita yang sudah baik. Sebagian besar peserta didik juga dapat memahami nformasi mengenai gaya pengambilan keputusan pada buku cerita.

References

Adipta, H., Hasanah, M., & Maryaeni. (2016) Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 1(5), 989-992.
Baiocco, R., Laghi F., & D’Alessio, M. (2009). Decision making style among adolescents: relationship with sensation seeking and locus of control. Journal of Adolescence, 32(1), 963-976.
Bavol’ar, J. & Orosova, O. G. (2015). Decision-making styles and their associations with decision-making competencies and mental health. Judgment and Decision Making, 10(1), 115-122.
Branch, R M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer.
Ganswein, W. (2011). Effectiveness of information use for strategic decision making. Wiesbaden: Gabler Verlag.
Hapsari, E. E. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut melalui analisis SWOT pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Sleman. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 407-418.
Matulka, D. I. (2008). A picture book primer: Understanding and using picture books. Westport: Libraries Unlimited.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.
Scott, S.G., & Bruce, R. A. (1995). Decision making style: The development and assesment of a new measure. Educational and Psychological Measurement, 55(5), 818-831.
Short, K. G., Brown, C. L., & Tomlison, C. M. (2005). Essentials of children’s literature (8th ed.). Upper Saddle River: Pearson Education.
Sofo, F., Colapinto, C., Sofo, M., & Ammirato, S. (2013). Adaptive Decision Making and Intellectual Styles. New York: Springer
Published
2019-01-22