PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BIS TRANSJAKARTA DI TERMINAL KAMPUNG MELAYU

  • ELFIAN ELFIAN UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA
  • PRASETIO ARIWIBOWO UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA
Keywords: KUALITAS PELAYANAN, TRANSJAKARTA, TERMINAL KAMPUNG MELAYU, KEPUASAN KONSUMEN

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  atas  pengaruh kualitas pelayanan  terhadap  kepuasan  konsumen bis Transjakarta  di  Terminal Kampung Melayu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di Terminal Kampung Melayu dengan metode purpossive sampling berjumlah 100 orang pada penumpang bis Transjakarta secara acak, baik ketika jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari, maupun saat-saat sepi penumpang pada menjelang siang hari. Pengumpulan data melalui wawancara, angket kuisioner, pengumpulan ujian (tes), dokumentasi dan lainnya. Pada penelitian ini data diolah menggunakan tabulasi korelasi regresi sederhana, korelasi product moment, dan analisa koefisien determinasi pada software microsoft excel 2010 terhadap kepuasan konsumen.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen adalah sebesar 12,496 dan b sebesar 0,520, artinya setiap kenaikan per satu satuan pada kualitas pelayanan maka akan naik kepuasan konsumen sebesar 0,520. Kemudian nilai r = 0,533, ini menunjukkan ada hubungan yang sedang atau cukup signifikan antara variabel X (kualitas pelayanan) dengan variabel Y (kepuasan konsumen). Dan nilai determinasi 28,41% menunjukan bahwa kontribusi variabel X (kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (kepuasan konsumen) sebesar 28,41% dan sisanya sebesar 71,59% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Pengujian hipotesis yang dilakukan dapat memperkuat penelitian ini yaitu  menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,140 > 1,9855 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.

Published
2018-09-20