Evaluasi Program Uji Kompetensi Peserta Didik Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Kabupaten Bekasi dengan Model Evaluasi Discrepancy
DOI:
https://doi.org/10.21009/JEP.0101.05Keywords:
Evaluasi Program, Model Evaluasi Diskrepancy, Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Teknik Elektronika IndustriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program uji kompetensi keahlian teknik elektronika industri di SMK KabupatenBekasi menggunakan model evaluasi discrepancy. Model Evaluasi Discrepancy dalam penelitian ini membandingkan antara kinerja sesunguhnya dengan kinerja standar dari uji kompetensi pesert didik teknik elektronika industri di SMK kabupaten Bekasi ditinjau dai aspek, desaian, instalasi, proses and produk. Metodologi penelitian menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, observasi dan angket. Hasil evaluasi dari semua tahap evaluasi model discrepancy ini secara umum berjalan dengan baik, artinya tidak terdapat kesenjangan antara hasil/kinerja dengan standar program serta sesuai dengan tujuan dan sasaran Uji kompetensi keahlian (UKK), sehingga keberadaan dan keterlanjutan program diperlukan. Namun dalam pelaksanaannya ada beberapa kriteria atau standar dari tahapan evaluasi perlu ditinjau ulang untuk perbaikan kedepannya sehingga mutu lulusan SMK lebih terjamin memilki kompetensi keahlian sesuai bidang keahliannya dan dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri(DU/DI)