MANAJEMEN MARKETING JASA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Sugeng Lubar Prastowo Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Bagus Manunggal Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335

Keywords:

Jasa Pendidikan; Bauran Pemasaran; Media sosial; Digital

Abstract

Teknologi informasi digital menjadi media digital marketing bagi lembaga jasa pendidikan, dalam memperkenalkan sekaligus memperbaiki citra pendidikan. Melalui pemasaran digital, calon konsumen akan mengenal, dan tertarik untuk lebih mengetahui lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini berfokus pada strategi marketing yang digunakan untuk meningkatkan citra pendidikan pada lembaga pendidikan, serta menjelaskan platform digital marketing apa yang strategis untuk meningkatkan minat masyarakat memilih tempat pendidikan yang ditawarkan. Metode penelitian menggunakan literature review, dengan sumber analisis dari artikel-artikel jurnal ilmiah yang bereputasi. Hasil analisis ditarik kesimpulan, bahwa pemasar jasa pendidikan sebaiknya melakukan  identifikasi terlebih dahulu atas permasalahan, kebutuhan, keinginan dan potensi masyarakat, kemudian melakukan segmentasi pasar, targeting, dan positioning pada produk jasa pendidikan. Pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan teknik pemasaran yang dikenal dengan bauran pemasaran 7P, yaitu penentuan produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence).

Downloads

Published

2022-07-25