UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV
Abstract
Abstract : This study aims to improve science learning outcomes in grade 4 students
SDN Getasan through a model of problem-based learning assisted media images. The
type of research used is classroom action research conducted in two cycles where each
cycle begins with planning, action implementation, observation and reflection. The
subjects of this study are the fourth graders of SD Negeri Getasan with the number of
students 25 students consisting of 11 female students and 14 male students. The results
obtained by using learning model of learning-based learning media a picture of
completeness in the first cycle of 84% or 21 students and cycle II of 100% or 25 students.
Frequency of learning completeness that is prasiklus 17 students, cycle I become 21
student, and cycle II to 25 students with percentage of prasiklus 68%, cycle I 84%, and
cycle II 100%. The average value of the class before the action of 68.4 then the action in
the first cycle increased to 71.6 and in the second cycle to 81. This happens because
students are active and play a direct role in mangamati and analyze directly on the
picture, it can be concluded that The use of Problem Based Learning model assisted by
the image media can improve the learning outcomes of science in grade 4 students of
SDN Getasan.
Keywords : Problem Based Learning, learning outcomes
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas
IV SDN Getasan melalui model problem based learning berbantuan media gambar. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus dimana masing-masing siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
Getasan dengan jumlah siswa 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14
siswa laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan model
pembelajaran problem based learning berbantuan media gambar ketuntasan pada siklus I
sebesar 84% atau 21 siswa dan siklus II sebesar 100% atau 25 siswa. Frekuensi
peningkatan ketuntasan belajar yaitu prasiklus 17 siswa, siklus I menjadi 21 siswa, dan
siklus II menjadi 25 siswa dengan persentase prasiklus 68%, siklus I 84%, dan siklus II
100%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 68,4 kemudian tindakan pada siklus
I meningkat menjadi 71,6 dan pada siklus II menjadi 81. Hal ini terjadi karena siswa aktif
dan berperan langsung dalam mangamati dan menganalisis secara langsung pada
gambar, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning
berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas IV
SDN Getasan.
Kata-kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar