Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbasis Daring/E-Learning pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Teknologi Sinar Husni

  • Wiwit Nur Rahmi Sekolah Tinggi Teknologi Sinar Husni
Keywords: Model, Pembelajaran, Assure, E-Learning, B.Inggris

Abstract

Permasalahan dari penelitan ini adalah ketidakmampuan mahasiswa STT Sinar Husni dalam menguasai materi Bahasa Inggris dengan baik dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring akan sulit untuk dilakukan jika tidak menemukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Assure adalah model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran berbasis daring/E-Learning. Topik penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Assure berbasis daring/E-Learning pada mata kuliah Bahasa Inggris dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Inggris dan mengetahui sejauh mana prestasi mahasiswa dalam berbahasa Inggris. Tahapan metode penelitian dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai rata-rata mahasiswa meningkat saat pre-test, siklus I dan siklus II yaitu 16.67, 51.34 dan 85 serta persentasi keberhasilan mahasiswa yang meningkat dari 0%, 46.67%, hingga 100%. Hasil lembar observasi dan kuesioner juga membuktikan bahwa model pembelajaran Assure berbasis daring/E-Learning secara signifikan berhasil meningkatkan kemampuan mereka pada mata kuliah Bahasa Inggris.

The problem of the research is the students’ inability at STT Sinar Husni in mastering English well because the learning is conducted by using online learning. It will be difficult to be conducted if the lecturer did not find the right learning model. Assure learning model is the appropriate learning model based on online/E-Learning. The topic of this research is to apply Assure learning model based on online/E-Learning in English course with the aim to improve the students' skills in English and knowing the extent of student achievement in English. The steps of the research method was carried out in four steps, namely planning, action, observation, and reflection. The results of the study concluded that the mean score of students increased during the pre-test, cycle I and cycle II, namely 16.67, 51.34 and 85 and the percentage of the students achievement also increased from 0%, 46.67%, to 100%. The results of the observation sheet and questionnaires also proved that Assure learning model based online/E-Learning has significantly improved the students’ ability in English.

Published
2022-03-01
How to Cite
Nur Rahmi, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbasis Daring/E-Learning pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Teknologi Sinar Husni. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 01 - 07. https://doi.org/10.21009/JPI.051.01