PERAN DUKUNGAN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN RETENSI KARYAWAN BANK X

  • Intan Dwi Rizky
Keywords: Career Development Program (CDP), Perceived Organizational Support (POS), retention

Abstract

Retensi karyawan perlu dilakukan agar organisasi tidak mengalami kerugian akibat biaya rekruitmen yang tinggi. Retensi karyawan dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan program pengembangan karir yang juga merupakan salah satu dukungan organisasi bagi karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif yang bertujuan menentukan dan menjelaskan peran mediasi dukungan organisasi (POS) terhadap hubungan Program Pengembangan Karir (CDP) dengan retensi karyawan pada Bank X. Seratus enam puluh lima orang karyawan dari berberapa kantor cabang yang telah bekerja minimal 1 tahun berpartisipasi pada penelitian ini. Data dianalisa dengan menggunakan metode analisa korelasi dan regresi. Hasil menunjukkan adanya hubungan tidak langsung yang signifikan antara Program CDP terhadap retensi karyawan melalui peran dukungan organisasi (POS). Dapat disimpulkan bahwa Program CDP bermanfaat untuk mempertahankan karyawan karena merupakan dukungan organisasi yang cukup nyata dirasakan karyawan secara langsung.

Published
2020-09-01
How to Cite
Dwi Rizky, I. (2020). PERAN DUKUNGAN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN RETENSI KARYAWAN BANK X. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 244-259. https://doi.org/10.21009/JRMSI.011.2.03