PEMBELAJARAN DAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN GONTOR DI DARUL MA’RIFAT GURAH KEDIRI JATIM

  • Siti Jubaidah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan gambaran mendalam tentang pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab di pondok modern Gontor III. Penelitian ini dilaksanakan di pondok modern Gontor III Darul Ma’rifat Gurah Kediri Jatim dan dilaksanakan selama kurang lebih 1 tahun, sejak Agustus 2013 sampai dengan Juli 2014.


Pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab di pondok modern Gontor III dapat dikatakan baik karena budaya lingkungand an kegiatan kebahasaan yang ada di sana seperti adanya laboratorium bahasa alami berupa lingkungan wajib berbahasa pondok baik berupa bahasa Arab selama seminggu (Al-Usbu’al-Araby) dan bahasa Inggris (Al-Usbu’ al- Injilizy) dengan didukung oleh disiplin berbahasa yang ketat.


Hasil penelitian ini secara teoritik berguna untuk pengembangan ilmu pendidikan khususnya pengajaran Bahasa Arab, sebagai masukan bagi Pondok Modern Gontor III Darul Ma’rifat, khususnya dalam mengembangkn pola pembelajaran bahasa Arab dan sebagai acuan bagi pesantren maupun lembaga pendidikan lain yang ingin membekali materi-materi acuan bagi pesantren maupun lembaga pendidikan lain yang ingin membekali materi-materi dan skill kebahasa-Araban santrinya, pesantren yang menggunakan metode pembelajaran bahasa Arab yang efektif dapat dijadikan rujukan dan menjadi salah satu penunjang dalam pengajaran bahasa Arab di pesantren itu sendiri dan dunia perguruan tinggi terutama bagi UNJ, UIN, IAIN, STAIN dan universitas-universitas lainnya yang mutu input mahasiswa dan out put lulusannya sangat bertumpu pada mutu dari lulusan lembaga pesantren.

Published
2015-12-30
How to Cite
JUBAIDAH, Siti. PEMBELAJARAN DAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN GONTOR DI DARUL MA’RIFAT GURAH KEDIRI JATIM. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, [S.l.], v. 27, n. II, p. 178 - 186, dec. 2015. ISSN 0216-261X. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/parameter/article/view/3652>. Date accessed: 26 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/parameter.272.09.
Citation Formats