PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Di Salah satu sekolah swasta di Kabupaten Tangerang )

  • Karmila Karmila Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pola asuh orang tua, prestasi belajar, karakter

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar dan karakter siswa. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Tangerang . Metode yang digunakan adalah metode kualitatif . Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus.Hasilnya menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh besar pada hasil prestasi siswa dan karakter siswa. Pola asuh yang otoriter yang dilakukan orang tua membuat prestasi belajar siswa cukup baik tapi siswa memiliki karakter tidak jujur karena takut dimarahi oleh oleh orang tua. Anak termotivasi untuk belajar karena takut . Dengan menerapkan pola asuh yang demokratis orang tua memperhatikan dan menghargai kebebasan anak yang tidak mutlak dan bimbingan yang penuh pengertian antara anak dengan orang tua, membuat siswa termotivasi untuk tekun belajar, hasil belajarnya baik dan memiliki karakter jujur.

Published
2019-01-31