PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO SISWA KELAS V DI SD NEGERI RAWARENGAS III KABUPATEN TANGERANG

  • Fitriah Fitriah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini Universitas Negeri Jakarta
Keywords: penilaian, portofolio, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian berbasis portofolio siswa kelas
V khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Rawarengas III Kabupaten
Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan
data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yang membandingkan hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) isi portofolio yang
dikembangkan berisi tugas harian siswa seperti membaca sebuah cerita lalu menentukan tokoh,
tema, latar, amanat. 2) guru tidak mengembangkan kriteria dan format khusus penilaian isi
portofolio karena terbatasnya waktu yang dimiliki guru untuk persiapan Ujian Nasional, 3) teknik
penilaian yang dikembangkan guru yaitu tertulis dan lisan. Bentuk penyajian portofolio yang
dikembangkan guru yaitu archifal portofolio. Archifal portofolio yang dikembangkan guru berupa
hasil tugas harian siswa dan map portofolio. Bagian-bagian portofolio pada map portofolio belum
lengkap, hanya terdiri sampul dan identitas siswa. Kegiatan penyusunan portofolio tidak
melibatkan siswa dikarenakan waktunya kurang mencukupi.

Published
2019-01-31