HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DAN KAITANNYA DENGAN NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

  • Ahmad Ruslan, Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Syukur Universitas Negeri Jakarta
  • Kurniawati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: High Order Thinking Skills,Hak Asasi Manusia,Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami kaitan antara High Order Thinking Skills(HOTS) dengan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, sedangkan, teknik pengumpulan datanya adalah instrumen studi dokumen atau dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkankemampuan berpikir kritis, logis, dan reflektif, menjadi ciri-ciri utama dari HOTS dan hal tersebut menjadi alat yang penting untuk membedah nilai-nilai HAM yang tersimpan dalam setiap peristiwa sejarah.Akibat kemampuan berpikir kritis, logis, dan reflektif tersebut, nilai-nilai HAM seperti kesetaraan(equality) dan pelarangan diskriminasi(non discrimination) dapat dianalisis dan dipahami oleh peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa HOTS menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam mengalisis dan memahami HAM yang terdapat dalam pembelajaran sejarah. Dengan demikian perlu adanya upaya signifikan tenaga pendidik untuk menstimulai HOTS kepada peserta didik khususnya dalam pembelajaran sejarah supaya nilai-nilai HAM yang terdapat dalam setiap peristiwa sejarah mampu dianalisis dan dipahami oleh peserta didik secaramendalam, yang kemudian menjadi bekal untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Published
2020-08-26