The Use of the Jigsaw Cooperative Learning Model as an Effort to Improve the Writing Skills of Knowledge Book Review for Class IX A Students of SMP Negeri 1 Padamara Odd Semester Academic Year 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.21009/AKSIS.030201Keywords:
review writing skills, jigsaw typeAbstract
This study aims to describe the skills of writing a book review of knowledge based on the completeness and accuracy of the review element, the language used, the use of spelling, and punctuation. for IXA grade students of SMP Negeri 1 Padamara odd semester 2018/2019 using the jigsaw type cooperative learning model .. The approach used in this study is a qualitative research approach with a class action research design. This research was designed through classroom action research conducted in the form of an action cycle. This research was conducted in September 2018 until December 2018 in Class IXA of SMP Negeri 1 Padamara. Research data obtained from interactions between teacher and student, student and student and student teacher during the learning process. Data collection activities carried out by the method of observation, interviews, and documentation. Data analysis was performed with flow analysis which included (1) data reduction (2) data presentation, (3) drawing conclusions / verification, (4) data reflection, and (5) reflection of research findings. Research results both in terms of process and results. Writing learning can be concluded that the type of jigsaw cooperative learning model can improve the writing skills of knowledge book review in learning writing in class IXA SMP Negeri 1 Padamara odd semester of the 2018/2019 academic year.
Keyword: Review writing skills, jigsaw type
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan kelengkapan dan ketepatan unsur resensi, bahasa yang digunakan, penggunaan ejaan, dan tanda baca. bagi siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Padamara semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dirancang melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada September 2018 sampai dengan Desember 2018 di Kelas IXA SMP Negeri 1 Padamara. Data penelitian diperoleh dari interaksi antara guru dan siswa, siswa dengan siswa dan siswa guru selama pembelajaran berlangsung. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis mengalir yang mencakup (1) reduksi data (2) sajian data, (3) penarikan simpulan/ verifikasi, (4) refleksi data, dan (5) refleksi temuan penelitian. Hasil penelitian baik dari segi proses maupun hasil. Pembelajaran menulis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis resensi buku pengetahuan dalam pembelajaran menulis di kelas IXA SMP Negeri 1 Padamara semester gasal tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Keterampilan menulis resensi, tipe jigsaw
References
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Desrina, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII 7 SMP Negeri 1 Batusangkar. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/895/
Eanes, R. (1997) Content Area Literacy: Teaching for Today and Tomorrow. Washington D.C: Delmar Pu-blishers Inc.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanif, W. A. (2010). Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX.Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Hertiavi, M.A., dkk. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1104
Kusmana, S. (2014). Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak.
Kusmaniyah, S. (2012). Pengembangan Model STAD Bhineka dalam Pembelajaran Menulis Resensi Berkonteks Multikultural Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Peserta Didik SMA.
Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/694/676
Kusmayati, N.B., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., & Sastromiharjo, A. (2019). Teaching of Social Culture-Based Critical Literation for University Students. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.030104
Purwahida, R. (2017). Interaksi sosial pada kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.010107
Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020108
Samad, D. (1997). Dasar-dasar Meresensi Buku. Jakarta: Grasindo.
Soffalina, Y. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas XI. IPA-1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/ 2010. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/8439/1/A310060057.pdf
Wahyuningsih, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Memahami Paragraf. Lingua Fanca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/563/451