Analysis of Hypnoselling Linguistic Encoding Forms in Online Promotion Copywrting Techniques

Authors

  • Nurul Setyorini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Kadaryati Kadaryati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bagiya Bagiya Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.040106

Keywords:

encoding, linguistics, copywriting, hypnoselling

Abstract

This study is a type of qualitative research. It is called qualitative because the data collection procedure uses written words.  The researcher of this study uses words to represent, describe, and compare data. Data analysis method used is content analysis of written communication. The content analysis method is applied because the unit of analysis used is in the form of words, phrases, and sentences in the copywriting text. The findings of this study utilize particular forms of words, phrases, and clauses, such as: free, bonus, secret offers from us, want to start a business but confused where to start, are you still confused learning graphic design or engineering design on the internet, what goods can be sold with 200,000 profit, do not have products to sell, minimal capital so you cannot stock products, and do not have selling skills.

 

Abstrak

 

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dinamakan kualitatif karena prosedur pengambilan data menggunakan kata-kata tulisan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan kata-kata untuk menggambarkan data, mendeskripsikan data, dan membandingkan data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi komunikasi tulis. Metode analisis isi digunakan, sebab unit analisis yang digunakan berupa kata, frasa, dan kalimat pada teks copywriting.  Hasil temuan pada penelitian ini memanfaatkan bentuk-bentuk kata, frasa, dan klausa tertentu, seperti: gratis, bonus, penawaran rahasia dari kami, Mau mulai berbisnis tapi bingung mulai dari mana, kamu masih bingung belajar desain grafis atau desain teknik di internet, Jual barang apa yang untung per packnya 200 000, dan tidak punya produk yang akan dijual, modal minim sehingga tidak bisa stok produk, dan tidak punya keahlian berdagang.

 

Kata kunci: enkode, linguistik, copywriting, hypnoselling

References

Azhar, I. N. (2015). Bahasa Hipnosis dan Dayanya Dalam Poster Layanan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra (SENABASTRA) VII, Bahasa, Sastra, Dan Budaya : Kaitannya Dengan Isu-Isu Global, (January 2015), 138–151. Madura: Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura dan Penerbit AMQ.
Budiman. (2016). Efektivitas Hypnoterapi Teknik Anchor Terhadap Perubahan Perilaku Merokok Remaja (Studi Pada Klien di Klinik Maulana Center of Hypnotherapy Palembang Budiman). PSIKIS –Jurnal Psikologi Islami, 2(2), 135–148.
Fakhrurrazi, F. (2017). Dinamika Pendidikan Dayah Antara Tradisional dan Modern. At-Tafkir, 10(2), 100-111.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Guitari, M., & Windiastari, D. (2019). Penggunaan Facebook Terhadap Peserta Didik Sebagai Media Pembelajaran Ke-II. Prosiding Seminarnasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 529–537. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Hendriyani. (2013). Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh. Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(1), 63–65.
Hua, Z., Wei, L., & Jankowicz-pytel, D. (2019). Whose Karate ? Language and Cultural Learning in a Multilingual Karate Club in London. Applied Linguistics, 41(1), 52–83. https://doi.org/10.1093/applin/amz014
Kabir, S. M. S. (2018). Methods of Data Collection. In Basic Guidelines for Research (p. 201). Bangladesh: Book Zone.
Liao, Y., Loures, E. R., Deschamps, F., Brezinski, G., & Venâncio, A. (2018). The Impact of The Fourth Industrial Revolution : A Cross-Country/Region Comparison. Production, 28. https://doi.org/10.1590/0103-6513.20180061
Mujib, A. (2016). The Method Of Hypno-Circumcision In Klinik Khitan Plus Hypnosis In Pabuwaran Purwokerto Utara Subdistrict. Komunika, 10(2), 253–277.
Rijal, S. (2015). Hipnolinguistik: Bahasa Alam Bawah Sadar. Jurnal Pendidikan Progresif, 5(2), 190–198.
Shalihah, S. (2014). Otak, Bahasa dan Pikiran dalam Mind Map. Alfaz, 2(1), 186–199.
Subiyono, Hariono, A., Wiryawan, A., & Surati, N. (2015). Afirmasi Visualisasi dan Kekuatan Pikiran Hypnosis Meta NLP. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Subiyono, Surati, N., & Hariono, A. (2013). Hypnometafisika (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Suwandi, A. (2010). Turbo Hipnotis. Jakara: Gramedia Pustaka Utama.
Tobing, D. H., Herdiyanto, Y. K., Astiti, D. P., Rustika, I. M., Indrawati, K. R., Susilawati, L. K. P. A., … Marheni, A. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Denpasar: Program Studi Psikologi, Universitas Undayana.
Yang, J., Gates, K. M., Molenaar, P., & Li, P. (2015). Neural changes underlying successful second language word learning: An fMRI study. Journal of Neurolinguistics, 33, 29–49. https://doi.org/10.1016/j.jneuroling.2014.09.004

Downloads

Published

2020-06-30