Register Mobile Ads on Olx Online Sale and Purchase Sites: Sociolinguistic Studies

  • Rizqi Hidayatulloh Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Tri Pujiati Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
Keywords: sociolinguistics, language variety and register

Abstract

Advertisements in online trading sites OLX is a communication process that certainly varies in shape. This study aims to (1) describe the form of registers, (3) describe the meaning of registers, and (3) describe the language functions in the registers contained in advertisements of mobile phone in online trading sites OLX. This study uses descriptive qualitative method with Sociolinguistics perspective. Data are taken from OLX advertisement by using sampling method which then captured the screen data for further categorization and analysis. The results of the study are that (1) the form of registers contained in advertisements of mobile phone on the OLX online trading site contains a single form and complex form of affixation, abreviation and repetition; (2) the meaning of register on mobile phone at OLX online trading site is in the form of lexical, grammatical meaning, and contextual meaning; and (3) language functions in OLX online buying and selling of mobile phone registers are instrumental functions, regulatory functions, representation functions, interactional functions, and personal functions.

 

Abstrak

 

Iklan dalam situs jual beli online OLX merupakan sebuah proses komunikasi yang tentu bervariasi bentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk register, (2) mendeskripsikan makna register, dan (3) mendeskripsikan fungsi bahasa pada register yang terdapat pada iklan ponsel dalam situs jual beli online OLX. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Data diambil dari iklan OLX yang dikumpulkan dengan menggunakan metode sampling yang kemudian data di tangkap layar untuk selanjutnya di kategorikan dan di analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk register yang terdapat dalam iklan ponsel pada situs jual beli onlie OLX yaitu bentuk tunggal dan bentuk kompleks berupa afiksasi, abreviasi dan pengulangan; (2) makna register iklan ponsel pada situs jual beli online OLX berupa makna leksikal, gramatikal, dan makna konteekstual; dan fungsi bahasa pada register jual beli online OLX berupa fungsi instrumental, fungsi regulasi, fungsi representasi, fungsi interaksional, dan fungsi personal.

 

Kata kunci : sosiolinguistik, ragam bahasa dan register

References

Chaer, Abdul. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

___________. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie, Agustina. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas. (2011). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrama Widya.

Fakhrurrazi, F. (2017). Dinamika Pendidikan Dayah Antara Tradisional dan Modern. At-Tafkir, 10(2), 100-111.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Halliday, M.A.K. dan Hasan, Ruqaiya. (1994). Bahasa, Konteks, dan Teks. Diterjemahkan oleh: Asruddin Barori. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hudson. R.A. (1995). Sosiolinguistics. Diterjemahkan oleh: Rochayah dan Misbach. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kridalaksana, Harimurti. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramlan. (2009). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Soeparno. (2002). Dasar-dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Sudaryanto.(1988). Metode Linguistik bagaian pertama: Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

-------------. (1990). Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

-------------. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Verhaar, J. (2006). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Published
2020-07-02