PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS POPULER MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DENGAN PEMBUATAN MEDIA STORY BOARD
DOI:
https://doi.org/10.21009/AKSIS.020103Keywords:
study populer writing, whole language method, story boarAbstract
The objective of this research is to gain empiric data on activites of popular writing using the whole language approach through story board preparation by the college students of Indonesian language education. The research was conducted at educational program of Indonesian literature in popular writing subject. The research used classroom action research. The research adopted Kemmis and taggart model through observation and writing proficiency test. Research analysis was performed using (1) data reduction, (2) data display, (3) conclusion, verification and reflection. The result of the research shows improvement in students popular writing score in every cycle. It can be concluded that the use of whole language method could produce story board in students’ popular writing.
Keywords: study populer writing, whole language method, story board
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang kegiatan menulis populer menggunakan pendekatan whole language dengan pembuatan media story board mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di prodi pendidikan bahasa Indonesia, dalam mata kuliah menulis populer, dengan menggunakan metode classroom action research. Desain yang digunakan menggunakan model Kemmis dan Taggart, data dilakukan dengan melakukan observasi dan tes keterampilan menulis. Analisis penelitian dilakukan dengan (1) reduksi data, (2) display data, (3) kesimpulan, verivikasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai kemampuan menulis populer mahasiswa pada setiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis dengan menerapkan metode whole language dapat menciptakan story board dalam menulis populer mahasiswa.
Kata kunci: pembelajaran menulis populer, pendekatan whole language, story board