Makna dalam Meme tentang Gegen Rassismus di Situs Instagram

  • Nerissa Arviana Rynd Education
Keywords: makna meme, konsep penanda dan petanda, gegen Rasismus

Abstract

Meme adalah bentuk baru di internet yang terdiri dari gambar dan teks untuk menyampaikan gambaran tentang persoalan dalam masyarakat dengan humor. Pada saat ini rasisme menguat di Jerman karena banyaknya pendatang asing dari berbagai negara sehingga menimbulkan reaksi negatif   dari sebagian masyarakat Jerman terhadap imigran. Namun, meningkatnya  rasisme juga menyebabkan timbulnya gerakan untuk  melawan rasisme tersebut; salah satunya bernama Gegen Rassismus. Gerakan ini bertujuan membendung arus rasisme, dengan cara antara lain menciptakan meme Gegen Rassismus.

Tujuan penelitian kualitatif deskriptif ini adalah untuk mendeskripsikan makna meme bertema Gegen Rassismus di situs Instagram pada tahun 2018-2019. Data yang digunakan berjumlah 4 meme bergambar makanan yang dianalisis dengan konsep Petanda dan Penanda dari  Ferdinand de Saussure untuk mencari makna. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa rasisme adalah pemahaman yang tidak benar, dan adalah suatu kebodohan bertindak rasis dengan memberikan perlakuan berbeda kepada orang lain hanya didasari oleh perbedaan ras. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ke 4 meme  tersebut memiliki pesan yang disampaikan secara tidak langsung melalui humor.

Published
2021-05-31
How to Cite
Arviana, N. (2021). Makna dalam Meme tentang Gegen Rassismus di Situs Instagram. Brila: Journal of Foreign Language Education, 1(1), 34-42. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/21033
Section
Articles