Eksplorasi Perencanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Moodle dengan Integrasi Keterampilan Abad XXI
Keywords:
perencanaan pembelajaran, bahasa Jerman, moodle LMS, keterampilan abad XXIAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi lebih lanjut tentang permasalahan yang dihadapi mahasiswa dan melihat sejauh mana kebutuhan mahasiswa terhadap materi-materi ajar dalam perencanaan pembelajaran bahasa Jerman di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan untuk mengakomodir tuntutan dan tantangan untuk mempersiapkan calon sumber daya yang mampu beradaptasi dan program studi yang link and match dengan kebutuhan di luar institusi pendidikan atau dalam hal ini dunia kerja melalui proses pembelajaran yang sesuai. Integrasi Keterampilan Abad XXI dalam perencanaan pembelajaran bahasa Jerman berbasis Moodle Learning Management System ini menitikberatkan pada kompetensi berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas yang terintegrasi dalam modul berbasis Moodle LMS untuk mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Jerman (PPBJ). Hal ini sejalan dengan konsep kampus merdeka yang menjadi akar kebijakan untuk perguruan tinggi sampai ke ranting-rantig yaitu program studi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diperoleh melalui survei, dan wawancara mendalam kepada responden. Pada akhirnya, penelitian ini menghasilkan masukan-masukan mahasiswa terkait kebutuhan yang diharapkan sehingga perencanaan pembelajaran bahasa Jerman yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa program studi bahasa Jerman Strata 1. Masukan tersebut terkait sistem pembelajaran yang ditawarkan menggunakan menggunakan dua pendekatan yaitu pembelajaran asinkron kolaboratif dan sinkron maya. Selain itu, sebagai dasar dalam mengembangkan materi ajar yang terintegrasi dengan keterampilan abad XXI melalui platform Moodle LMS. Pengembangannya meliputi delapan topik rancangan pembelajaran.