Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Bahasa Jerman Subtema Arbeitsplätze Dengan Teknik Meringkas Pada Siswa SMA Kelas XII

Authors

  • Anim Purwanto Sekolah Pascasarjana UHAMKA

Keywords:

Pembelajaran; keterampilan; membaca; teks; teknik meringkas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran keterampilan membaca teks bahasa Jerman pada siswa SMA kelas XII dengan teknik meringkas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa teknik meringkas dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jerman dan teknik ini dapat membantu siswa untuk mendapatkan informasi penting dari teks bahasa Jerman. Teknik meringkas ini dapat dilakukan dengan menulis ulang intisari teks menggunakan kata-kata siswa sendiri. Informasi yang telah ditemukan dan digarisbawahi oleh siswa dapat memudahkan untuk membuat rangkuman. Model pembelajaran ini disusun melalui tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) kegiatan pendahuluan siswa diperkenalkan dengan tema yang akan dipelajari dan siswa mendapatkan pengetahuan terlebih dahulu terkait dengan tema; (2) kegiatan inti terdiri dari tiga proses yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Dalam proses eksplorasi siswa membaca teks dan mereka mendapatkan informasi umum dari isi teks. Dalam proses elaborasi siswa mendiskusikan konten tekstual terkait dan mereka membuat ringkasan. Pada proses konfirmasi siswa membaca ringkasan hasil yang telah dilakukan; (3) kegiatan penutup siswa menyimpulkan materi dan mengerjakan tes dari guru.

References

Chaabani, M. (2012). Die Zusammenfassung im Fremdsprachenunterricht: Wissenschaftlicher Aufsatz. Norderstedt Germany: GRIN Verlag GmbH.
Chairunnisa, A. (2011). Model Pembelajaran Pemahaman Teks Subtema Kennenlernen di SMA Dengan Menggunakan Teknik W-Fragen. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Jerman Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Indrayatti, W. (2020). Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Cerita Siswa Kelas VII Siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Tanjungpinang Tahun 2019. Jurnal Kiprah: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/ kiprah.v8i1.2072
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.
Rochmawati, L., Fatmawati, & Sukma, M. M. (2021).

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Purwanto, A. (2021). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Bahasa Jerman Subtema Arbeitsplätze Dengan Teknik Meringkas Pada Siswa SMA Kelas XII . Brila: Journal of Foreign Language Education, 1(2), 77–83. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/22279