Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Literatur im DaF-Unterricht

  • fauzan adhima unj
  • Azizah Hanoum Siregar Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Arus globalisasi saat ini menghendaki mahasiswa tidak hanya memahami materi yang didapatkan di kelas, akan tetapi harus juga memiliki karakter yang tangguh agar dapat beradaptasi pada laju perkembangan dunia. Pendidikan karakter dapat diterapkan di dunia pendidikan salah satunya dengan mengintegrasikannya kedalam aktifitas dan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui  pelaksanaan pendidikan karakter pada perkuliahan Literatur im DaF-Unterricht di prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ. Pengumpulan data diperoleh melalui dokumen, observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif dari Miles dan Hubermann yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi.

Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dosen merancang silabus dan RPS perkuliahan Literatur im DaF-Unterricht berbasis pendidikan karakter sudah cukup baik. Pelaksanaan pendidikan karakter pada perkuliahan ini juga sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Dosen tidak hanya menjelaskan materi perkuliahan saja akan tetapi mengembangkan dan melatih pendidikan karakter mahasiswa pada setiap pembelajaran.  Pendidikan karakter mahasiswa tercermin dari setiap tugas-tugas yang dikerjakan dan juga aktifitas pembelajaran di kelas.

Dengan demikian penguatan dan pendidikan karakter pada mata pembelajaran di perguran tinggi harus terus dilaksanakan dan dikembangkan dengan baik. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan saja dari mata kuliah tersebut, akan tetapi juga dapat melatih dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang tercermin dari setiap aktifitas pembelajaran di kelas

 

Kata Kunci : Pendidikan Karakter,  Literatur im DaF-Unterricht.

References

Alwi, Z., Ernalinda, & Lidyawati, Y. (2019). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter. September, 37–52. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/2312
Artika, I. W. (2015). Teori dalam pengajaran sastra. Prasi, 10(19), 18–27.
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593
Kepser, M., & Abraham, U. (2016). Literaturdidaktik Deutsch. Erich Schmidt Verlag GmbH.
Koppensteiner, J., & Schwarz, E. (2012). Literatur im DaF/DaZ-Unterricht. Praesens Verlag.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Sulistiyowati, E. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN A . Pendahuluan Pendidikan adalah hal yang penting sepanjang hidup manusia karena pendidikan dapat menghasilkan manusia yang handal dan bermartabat . Pendidikan juga menentukan nasib dan masa depan suatu bangsa . Ole. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 311–330.
Published
2021-11-30
How to Cite
adhima, fauzan, & Siregar, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Literatur im DaF-Unterricht. Brila: Journal of Foreign Language Education, 1(2), 84 - 89. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/23982
Section
Articles