Pemenuhan Kebutuhan Tokoh Hertzko Haft dalam Novel Grafis Der Boxer Karya Reinhard Kleist: Kajian Psikologi Sastra

  • Astri Wulandari Universitas Negeri Jakarta
  • Azizah Hanoum Siregar Universitas Negeri Jakarta
  • Santiah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan tokoh Hertzko Haft di dalam novel grafis Der Boxer karya Reinhard Kleist. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah dialog, monolog, dan narasi, serta gambar (panel) di dalam novel grafis Der Boxer yang menggambarkan kebutuhan tokoh Hertzko Haft. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat, serta teknik dokumentasi. Teori yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data adalah teori hierarki kebutuhan dari Abraham Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 28 data yang mengandung kebutuhan dasar Hertzko Haft. Data yang menunjukkan kebutuhan fisiologis berjumlah 4, data yang menunjukkan kebutuhan akan rasa aman berjumlah 10, data yang menunjukkan kebutuhan akan cinta dan memiliki berjumlah 11, data yang menunjukkan kebutuhan akan penghargaan berjumlah 3 data, dan data yang menunjukkan kebutuhan akan aktualisasi diri tidak ditemukan di dalam novel grafis Der Boxer. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Hertzko Haft telah memenuhi empat kebutuhan dasarnya kecuali kebutuhan akan aktualisasi diri dan kebutuhan Haft yang paling mendominasi adalah kebutuhan akan cinta dan memiliki. Hal tersebut terjadi karena di dalam novel grafis Der Boxer ditemukan banyak situasi yang menggambarkan kebutuhan Haft untuk memiliki hubungan dengan orang-orang di sekitarnya yang melibatkan perasaan saling menyayangi, menghargai, dan mempercayai, serta perasaan untuk diterima oleh orang lain atau sefaham dengan orang lain. Haft mencintai Leah dan ingin menikah dengan Leah.

References

Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Azizah, N. A., Waluyo, H. J., & Ulya, C. (2019). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, Vol. 7, 176–185.

Boeree, G. C. (2017). Personality Theories. Jogjakarta: Prismasophie.

Carlsen Verlag GmbH. (n.d.). Der Boxer (ePub). Retrieved August 12, 2020, from https://www.carlsen.de/lehrer/epub/der-boxer/111807

Dudenredaktion (o.J). (2020). Graphic Novel. Retrieved December 13, 2021, from Duden online website: https://www.duden.de/rechtschreibung/Graphic_Novel

Fauziah, N., & Permana, A. (2019). Analisis Tokoh Fadillah Secara Analitis dan Dramatik dalam Novel Berjudul “Imipramine “Karya Nova Riyanti Yusuf. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), Vol. 2, 187–196.

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T.-A. (2017). Teori Kepribadian (8th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Fröhlich, W. D. (2010). Wörterbuch Psychologie. München: Deutscher Taschenbuch Verlag GmbH & co. KG.

Hawa, M. (2017). Teori Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Herzberg, P. Y., & Roth, M. (2014). Persönlichkeitspsychologie. Wiesbaden: Springer VS.

Husamah. (2015). Kamus Psikologi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Iwanowitsch, H. (2011). Handreichung zur Thematisierung grafischer Literatur im Deutschunterricht.

Kartono, K. (1993). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Klein, J. abel & C. (2016). Comics and Graphic Novels. Stuttgart: Metzler Verlag GmbH.

Kleist, R. (2015). Sang Petinju. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Minderop, Albertine. (2011). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Minderop, Albertini. (2016). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Noviana, F. (2017). Sastra dan Pembelajaran Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, Vol. 2, 87–98.

Nurgiyantoro, B. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riani, U., Mukhlis, & Subhayni. (2016). Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, Vol. 1, 144–153.

Schultz, D. (1991). Psikologi Pertumbuhan: Model-model Kepribadian Sehat. Depok: PT Kanisius.

Sehandi, Y. (2014). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Setiawan, H. (2014). Manusia Utuh Sebuah Kajian atas Pemikiran Abraham Maslow. Yogyakarta: PT Kanisius.

Sobur, A. (2016). Kamus Psikologi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Published
2022-05-31
How to Cite
Wulandari, A., Azizah Hanoum Siregar, & Santiah. (2022). Pemenuhan Kebutuhan Tokoh Hertzko Haft dalam Novel Grafis Der Boxer Karya Reinhard Kleist: Kajian Psikologi Sastra. Brila: Journal of Foreign Language Education, 2(1), 50-68. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/26182
Section
Articles