Makna Karikatur tentang Pandemi Covid-19 pada Koran Daring Stuttgarter Zeitung Dengan Perspektif Semiotika Charles Sanders Peirce
Keywords:
karikatur, semiotika, Covid19Abstract
Karikatur merupakan sarana bagi para redaksi untuk menyampaikan pesan atau opini atas suatu kejadian secara subjektif. Makna yang terkandung dalam karikatur dilakukan secara tidak langsung, atau dalam arti lain, makna didapatkanmelalui simbol-simbol yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam karikatur pandemi pada koran daring Stuttgarter Zeitung edisi Maret – Oktober 2020. Karikatur tersebut dianalisis dengan menggunakan teori semiotika Peirce melalui tanda representamen, objek dan interpretan. Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan data berjumlah 5 karikatur pandemi pada koran daring Stuttgarter Zeitung edisi Maret – Oktober 2020. Dari analisis yang dilakukan, lima karikatur pandemi secara umum menggambarkan situasi dan kondisi kehidupan sosial pada masa pandemi Covid- 19. Tiga diantaranya menggambarkan ketidakselarasan masyarakat Jerman dalam menjalankan peraturan demi menanggulani penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19. Kemudian dua diantaranya menggambarkan krisis yang dihadapipada saat pandemi berlangsung.
References
Artini, P. S. (2012). Penanda Kekuasan Angela Merkel Sebagai Kanselir Pada Karikatur Karya Heiko Sakurai Dalam www.sakurai-cartoons.de. 11.
Azizah, N. (2018). Semiotik Dalam Karikatur: Penafsiran Makna Melalui Tulisan Siswa (Semiotics In Caricature: Meaning Interpretation Through Students Writings). Sawerigading, 24(1), 1. https://doi.org/10.26499/sawer.v24i1.157
Fakhri, J. (2011). Karikatur tokoh musik legendaris dunia.
Grosskopf, A. (2016). Die Arbeit des Künstlers in der Karikatur. In Die Arbeit desKünstlers in der Karikatur. https://doi.org/10.14361/9783839431245 Hayes, L
Newton. (1923). The Chinese Dragon. Shanghai: Commercial Press Limited.
Korte, E. (1997). Semiotik und Wissenschaftstheorie bei Charles Sanders Peirce. 18.
Kustedja, S., Sudikno, A., & Salura, P. (2013). Makana Ikon Naga, Long 龙 , 龍 Elemen Utama Arsitektur Tradisional Tionghoa..Pdf.
Nurrita, Rista Vivin. (2011). Pemaknaan Karikatur Cover Majalah Tempo Yang Berjudul “Bahasyim Salabim ”. 4.
Oßwald, E. (2013). Die Karikatur des Künstlers. 97.Päge, H. (2007). Karikaturen in der Zeitung.362.
Sobur, A. (2020). Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Suyitno. (2010). Wacana Karikatur Indonesia Persepektif Kajian Pragmatik (K. Saddhono, A.
Anindriyani, & Soeharto (eds.)). CakraBooks Solo.
Wang, M., Zhou. M. (2020). Mask Crisis Duting the Covid-19 Outbreak.https://europeanreview.org/wp/wp-content/uploads/3397-3399.pdf
Vera, N. (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi (R. Sikumbang (ed.)). Penerbit Ghalia Indonesia.