Utilitas Media Prezi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman

  • Muhammad Nur Ashar Asnur Universitas Negeri Jakarta
  • Muadimatul Ulya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pembelajaran keterampilan menulis, bahasa Jerman, media prezi

Abstract

Keterampilan menulis Bahasa Jerman merupakan salah satu keterampilan produktif yang memiliki tantangan tersendiri dalam pembelajarannya. Untuk mengoptimalkan proses pembelajarannya, langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui pemanfaatan media prezi. Tujuannya untuk melihat sejauh mana media prezi dapat mengoptimalkan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Jenis penelitian ini menggunakan Classroom Action Research yang dilaksanakan SMA Negeri di Jakarta melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikanterhadap keterampilan menulis siswa setiap siklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran khususnya media prezi memberikan dampak positif dalam mengoptimalkan pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman siswa. Media prezi merupakan alternatif pendukung pembelajaran yang sesuai dengan karekteristik siswa dalam hal ini sebagai digital native. Dengan demikian, pembelajaran menulis bahasa Jerman disarankan menggunakan media prezi sebagai alternatif pendukung media pembelajaran.

References

S., & Ampera, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Pada Mata Pelajaran Membuat Pola Di Smk Awal Karya Pembangunan Galang. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

A. Supratiknya. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. In Universitas Sanata Dharma.

Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika.

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana, F. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum. Ekonomi.

Bürg, O., & Mandl, H. (2004). Institut für Pädagogische Psychologie Akzeptanz von E-Learning in Unternehmen. Zeitschrift Für Personalpsychologie.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Chou, P. N., Chang, C. C., & Lu, P. F. (2015). Prezi versus PowerPoint: The effects of varied digital presentation tools on students’ learning performance. Computers and Education.

De Jong, T., Specht, M., & Koper, R. (2008). Contextualised media for learning. Educational Technology and Society.

Diah, I., Nita, S., Informatika, D. T., Teknik, F., & Madiun, U. P. (2018). Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa.

Epinur Epinur, Syahri Wilda, A. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry.

Hadiana, D. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Helmke, T., Helmke, A., Schrader, F.-W., Wagner, W., Nold, G., & Schröder, K. (2008). Unterricht und Kompetenzerwerb in Deutsch und Englisch. Ergebnisse der DESI-Studie. Unterricht Und Kompetenzerwerb in Deutsch Und Englisch.

Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional (Studi Komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta : Kencana.

Lan, Y. F., & Sie, Y. S. (2010). Using RSS to support mobile learning based on media richness theory. Computers and Education

Mahendra, Y. (2019). Manajemen Karakter Peserta Didik melalui Keterampilan Menulis Kritis. Al-Idarah. Jurnal Kependidikan Islam.

Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. FITK UIN Sunan Kalijaga (Issue May).

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA).

Nurgiyantoro. (2018). Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Gadjah Mada University Press.

Perron, B. E., & Stearns, A. G. (2011). A Review of a Presentation Technology: Prezi.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rohiman, R., & Anggoro, B. S. (2019). Penggunaan Prezi untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi. Desimal: Jurnal Matematika.

Saud, P. (2021). Keterampilan Menulis dan Siswa Berbasis Model. 1–10.

Spernjak, A. (2014). Is Prezi More Usefullness Education Tool Than Powerpoint? The Eurasia Proceedings of Educational and Social Sciences.

Sugiyono. (2016). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sumaryanti, L. (2014). Pembelajaran Menulis Cerpen. 04(02), 53–70.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Komputer dan media pendidikan di sekolah dasar. Wacana Prima, 5–35.

Yusuf Rodhi, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi.

Published
2023-05-31
How to Cite
Asnur, M. N. A., & Ulya, M. (2023). Utilitas Media Prezi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman. Brila: Journal of Foreign Language Education, 3(1), 40-47. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/31351
Section
Articles