Makna Kolokat Penanda Gender Jenis Adjektiva dalam Buku Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A2 Kursbuch

Authors

  • Anasyah Madaniah Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

kolokat, gender, profesi, makna denotatif dan kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna kolokat jenis adjektiva yang muncul bersamaan dengan penanda gender ragam profesi dalam buku Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A2 Kursbuch. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Kolokat yang diteliti adalah kolokat jenis adjektiva, kemudian yang menjadi basisnya ialah penanda gender yang menunjukkan ragam profesi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku ajar Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A2 Kursbuch, dalam buku tersebut terdapat 6 teks yang di dalamnya terdapat kolokat jenis adjektiva dan penanda gender yang menunjukkan ragam profesi. Data yang digunakan berupa kalimat yang mengandung kolokat jenis adjektiva dari basis penanda gender yang menunjukkan ragam profesi sejumlah 6 data. Daftar kolokasi yang ditemukan diklasifikasikan sesuai dengan kriteria analisis kolokasi menurut Quasthoff. Hasilnya menunjukkan terdapat 5 kolokat, untuk penanda gender perempuan ditemukan 2 kolokat. Adapun untuk penanda gender laki-laki ditemukan sebanyak 3 kolokat. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori makna denotatif dan kontekstual menurut Busch dan Stenschke untuk melihat makna asli dan makna konteks yang terkandung dalam kolokasi penanda gender. Hasil penelitian menunjukkan makna kata yang menunjukkan karakter atau sifat dari suatu penanda gender, seperti kolokasi Logopädin + richtig dan der Radiosprecher + bekannt. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa makna kata yang ditemukan cenderung memperlihatkan makna denotatif atau makna asli dari kata tersebut, makna ini muncul sebanyak 5 kali, sedangkan makna kontekstual hanya muncul sebanyak 1 kali.

References

Busch, A., & Stenschke, O. (2008). Germanistische Linguistik.
Hutapea, S. U. P., Siregar, M., & Ronita, N. (2018). The Collocation Of English Textbook For
Grade X In Senior High School.
Imran, I., Said, M., & Setiarini, N. L. P. (2009). Kolokasi Bahasa Indonesia. Proceeding Pesat
(Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil) , 3.
Li, Q. (2020). A Corpus-Based Study of Gender Representation in Chinese EFL Textbooks.
International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL).
Palupi, S. (2018). Kolokasi Dalam Buku Ajar Studio D A1: Deutsch Als Fremdsprach. Ejournal
UNESA, 7.
Quatschoff, U. (2011). Wörterbuch der Kollokationen im Deutschen . Walter de Gruyter GmbH &
Co. KG.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Penerbit Alfabeta. Targońska, J. (2014). Kollokationen – ein vernachlässigtes Gebiet der DaF-Didaktik? Linguistik
Online, 68(6). https://doi.org/10.13092/lo.68.1638
Widodo, P. (2015). Bentuk Kolokasi Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia. Yang,C.C.R.(2012).IsGenderStereotypingstillanIssue?AnAnalysisofa HongKongPrimary
English Textbook Series . Hong Kong Journal of Applied Linguistics, 13.
Yuliawati, S. (2014). Analisis Berbasis Korpus: Kolokasi Kata-Kata Bermakna “Perempuan” Dalam Media Sunda (Majalah Manglé, 2012 – 2013).
https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jurnal_ranah/article/view/42/84

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Madaniah, A., Erna, & Ellychristina D. (2023). Makna Kolokat Penanda Gender Jenis Adjektiva dalam Buku Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A2 Kursbuch. Brila: Journal of Foreign Language Education, 3(1), 1–7. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/35603

Issue

Section

Articles