Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Melalui Media Pembelajaran Vlog

  • Melky Ayu Wijayanti Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa Prodi Pendidikan BahasaJerman, Universitas Negeri Jakarta melalui media pembelajaran berupa video blog (Vlog). Metode yangdigunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya denganmenggunakan Vlog sebagai media pembelajaran terdapat peningkatan keterampilan berbicara BahasaJerman mahasiswa. Terlihat pada hasil pengukuran siklus I dan siklus II terjadi peningkatan rata – ratasebesar 12% yaitu 78% pada siklus I  dan 90% pada siklus II. Pada siklus I terdapat mahasiswa yangmendapatkan nilai dibawah ambang kelulusan, sedangkan pada siklus 2 semua mahasiswa mendapatkannilai diatas ambang kelulusan. Peneliti telah membuktikan bahwa vlog sebagai media pembelajaranmembawa dampak positif pada keterampilan berbicara Bahasa Jerman mahasiswa. Hal ini dapatmenjadikam vlog sebagai salah satu media pembalajaran yang dapat dijadikan pilihan untukmeningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jerman mahasiswa.

References

AH Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara

Akhmetova, Dalbergenova. Sprechangst im DAF Unterricht, 2021. https://elib.bsu.by/handle/123456789/262168

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Chicioreanu, T. D., & Amza, C. G. (2018). ‘Adapting your teaching to accommodate the NetGeneration/Z-Generation of learners’. 14th International Scientific Conference eLearning and Software for Education, 19-20 April 2018, Carol I National Defence University Publishing House.

David, E. R. (Eribka), Sondakh, M. (Mariam), & Harilama, S. (Stefi). (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa IlmuKomunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. ActaDiurna, 6(1), 93363. https://www.neliti.com/publications/93363/pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terhadap-pembentukan-sikap-mahasiswa-ilmu-kom

(PDF) Konten Vlog Sebagai Kebiasaan Komunikasi Siswa/I SMP Nusantara Plus. Available from: https://www.researchgate.net/publication/368257042_Konten_Vlog_Sebagai_Kebiasaan_Komunikasi_SiswaI_SMP_Nusantara_Plus[accessed May 30 2023].

Djajadi,M.(2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).CV. Arti Bumi Intaran. Yogyakarta https://www.goethe.de/pro/relaunch/prf/materialien/A1_fit/fit1_uebungssatz_01.pdf

Griffin, P et al. (2012). Assestment and Teaching of 21st Century Skills. Heidelberg, Lomdon, Newyork: Springer

Gay,L.R. Mills, Geoffrey E. Airasian, P. (2009). Educational Research Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.

Gerigk, Kevin F. (2022). Teacher-talk and Facebook: An enquiry into pedagogical expectations of GenZ EFL Learners in Germany. Lancaster : Eltria https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Iskandar, I., Sumarni, S., Dewanti, R., & Asnur, M. N. A. (2022). Infusing Digital Literacy in Authentic Academic Digital Practices of English Language Teaching at Universities. International Journal of Language Education, 6(1), 75-90.

Krumm H-J, Fandrych C, Husfeisen B, Riemer C (Eds). (2010). Deutsch als Fremd und Zweitsprache. Ein Internasionales Handbuch Handbücher zur sprach- und Kommunikationswissenschaft/HSK, 2. Und vollständig überarbeitete und neu zusammengestellte Auflage. Berlin/New York: de Gruyter.

Lancaster, L.C., & Stillman, D. (2004). When generations collide: Who they are, why they clash, how to solve the generational puzzle at work.’ Harper Collins.

Nuraripah, P. Sari, D.R., Armeth, A, Handayati, E.S. (2023). Efektivitas Pembelajaran Vlog Berbasis Zoom Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi PAI di IAIN Manado. Islamika. V5i2.2875

Saud, S., & Asnur, M. N. A. (2018). Dampak experiential learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman mahasiswa di perguruan tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, (pp. 383-391). Badan Penerbit UNM.

Stillman, D., Stillman, J. (2017). Gen Z @ work : How The Next Generation is Transforming the workplace. New York: Harper Business

Surahman, E., Santaria, R, & Seiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia Pendahuluan Pembelajaran Daring adalah Proses Pembelajaran yang Dilakukan. Journal of Islamic Education Management

Suryana, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK, Vol.3 No.2

Theresia, E., & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Video Blog ( Vlog ) Berbasis KearifanLokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD. 11(1), 191–204.https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400T

Wiayanti, A. R. Y, Arafat, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan Melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK, Vol.3 No 2

Published
2023-05-31
How to Cite
Wijayanti, M. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Melalui Media Pembelajaran Vlog. Brila: Journal of Foreign Language Education, 3(1), 8-15. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/35687
Section
Articles