Aufforderungssatz dalam Buku Cerita Anak “Die Schule der magischen Tiere” Karangan Margit Auer

  • Putri Dewi Rama Danny -
  • Rr. Kurniasih Ratri Handayani Universitas Negeri Jakarta
  • Fauzan Adhima Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kalimat yang memiliki fungsi Aufforderung ‘perintah’ yang terdapat dalam buku cerita anak “Die Schule der magischen Tiere” karangan Margit Auer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yaitu buku cerita anak “Die Schule der magischen Tiere” karangan Margit Auer. Data yang digunakan merupakan dialog antar tokoh dalam buku cerita anak “Die Schule der magischen Tiere” karangan Margit Auer yang di dalamnya terdapat fungsi perintah. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Helbig & Buscha sedangkan teori pendukung yang digunakan adalah teori dari Engel & Tertel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 76 Aufforderungssӓtze dalam buku cerita anak “Die Schule der magischen Tiere” karangan Margit Auer yang terdiri dari 33 Imperativsӓtze ‘kalimat imperatif’, 9 Fragesӓtze ‘kalimat pertanyaan’, 22 Aussagesätze (im Präsens oder Futur) ‘kalimat pernyataan (pada masa sekarang atau masa yang akan datang)’, satu Satz mit Konjunktiv Präsens und Pronomen man ‘kalimat dengan konjungsi prӓsens dan kata ganti man’, 10 Einwortsätze ‘kalimat satu kata’, dan satu Infinitivkonstruktion ‘konstruksi infinitif’. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis Aufforderungssatz yang paling banyak ditemukan adalah Imperativsӓtze dalam bentuk tidak formal. Hal ini dapat terjadi karena dialog yang terdapat dalam buku cerita anak ini merupakan dialog antar teman sebaya dalam lingkungan sekolah. Jenis Aufforderungssatz terbanyak kedua setelah Imperativsӓtze yaitu Aussagesätze (im Präsens oder Futur). Selain itu ditemukan jenis Aufforderungssatz berupa Fragesӓtz dan Einwortsӓtze. Pada penelitian ini, jenis Aufforderungssatz berupa Infinitivkonstruktion dan Satz mit Konjunktiv Präsens und Pronomen man juga ditemukan masing-masing sejumlah satu kalimat saja namun tidak ditemukan satupun jenis kalimat isolierte Nebensatz.

References

Auer, M. (2016). Die Schule der magischen Tiere (Vol. 1).

Balcik, I., Röhe, K., & Verena, W. (2009). Die große Grammatik DEUTSCH (Band 2). PONS GmbH.

Biring, S. S., Burhanuddin, B., & Achmad, A. K. (2021). Kalimat Imperatif Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 2(1), 47–52.

Engel, U., & Tertel, K. R. (1993). Kommunikative Grammatik: Deutsch als Fremdsprache. iudicium verlag GmbH.

Gallman, P., Eisenberg, P., Peters, J., Fabricius-Hansen, C., Nübling, D., Barz, I., Fritz, T. A., & Fiehler, R. (2009). Duden Grammatik Band 4. Der Duden in 10 Bänden, 4, 1352.

Helbig, G., & Buscha, J. (1996). Deutsche Grammatik: Ein Handbuch für den Ausländerunterricht. Langenscheidt.

Helbig, G., & Buscha, J. (2001). Deutsche Grammatik: Ein Handbuch für den Ausländerunterricht.

Published
2023-05-31
How to Cite
Danny, P. D. R., Handayani, R. K. R., & Adhima, F. (2023). Aufforderungssatz dalam Buku Cerita Anak “Die Schule der magischen Tiere” Karangan Margit Auer. Brila: Journal of Foreign Language Education, 3(1), 26-39. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/37858
Section
Articles