Konstruksi Kalimat dalam Teks Iklan McDonald Berbahasa Jerman: Kajian Stilistika Sintaksis
Keywords:
Gaya Bahasa, Iklan, Linguistik, Stilistika, SintaksisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi kalimat pada iklan McDonald Jerman dan informasi yang ditonjolkan berdasarkan stilistika sintaksis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teori dari Sowinski, Schmid, Welke, dan Duden. Objek yang diteliti berupa 4 kalimat dalam iklan McDonald dengan jenis kalimat deklaratif yang ditemukan pada akun Instagram resmi McDonald negara Jerman periode Juni – Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi netral dan emosional dalam kalimat deklaratif berbahasa Jerman bergantung kepada bagaimana posisi subjek dalam kalimat. Jika subjek diletakkan pada posisi gatra depan kalimat, maka kalimat berkonstruksi netral, namun jika selain subjek diletakkan pada posisi gatra depan kalimat, maka kalimat deklaratif berkonstruksi emosional. Dalam kaitannya dengan konstruksi kalimat dalam 4 iklan McDonald Jerman yang dianalisis, 2 di antaranya merupakan kalimat deklaratif berkonstruksi netral dengan subjek berada di posisi Vorfeld, sementara 2 lainnya merupakan kalimat deklaratif berkonstruksi emosional, dengan posisi Vorfeld ditempati oleh nomina yang merujuk kepada produk McDonald dan suatu situasi berupa komentar salah satu musisi terkenal di Jerman.
References
Chiarcos, C., Kosmehl, B., Fäth, C., & Sukhareva, M. (2019). Analyzing middle high German syntax with RDF and SPARQL. LREC 2018 - 11th International Conference on Language Resources and Evaluation.
Chika, J., & Candraningrum, D. A. (2020). Strategi Digital Content Marketing Toyota Yaris Melalui Webisode “Mengakhiri Cinta dalam Tiga Episode.” Prologia, 4(1). https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6472
Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran (4th ed.). Pelajar Pustaka.
Drummer, J. D., & Felser, C. (2023). Connectivity effects in pseudoclefts in L1 and L2 speakers of German. Second Language Research. https://doi.org/10.1177/02676583221141314
Duden. (2009). Duden Grammatik. Der Duden in 10 Bänden, 4.
Durianto, S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Erlangga.
Fanani, A., Setiawan, S., Purwati, O., Maisarah, M., & Qoyyimah, U. (2020). Donald Trump’s grammar of persuasion in his speech. Heliyon, 6(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e03082
Filippova, K., & Strube, M. (2007). The German vorfeld and local coherence. Journal of Logic, Language and Information, 16(4). https://doi.org/10.1007/s10849-007-9044-3
Finkbeiner, R. (2023). Quotational nicknames in German at the interface between syntax, punctuation, and pragmatics. Linguistics, 61(2). https://doi.org/10.1515/ling-2021-0084
Fyndanis, V., Miceli, G., Capasso, R., Killmer, H., Malefaki, S., & Grohmann, K. K. (2023). Production of Sentential Negation in German and Italian Non-fluent Aphasia. Journal of Psycholinguistic Research, 52(2). https://doi.org/10.1007/s10936-022-09894-4
Gaweł, A. (2022). ON THE NOTION OF THE SUBORDINATE CLAUSE IN GERMAN LINGUISTICS. Studia Linguistica Universitatis Iagellonicae Cracoviensis, 139(3). https://doi.org/10.4467/20834624SL.22.010.16120
Gómez-Ortiz, M. J., Domínguez Romero, E., & Bobkina, J. (2023). Instagram as a learning tool to improve technical vocabulary for sports science students. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 32. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416
Harbert, W. (2008). Review of Axel (2007): Studies on Old High German Syntax: Left sentence periphery, verb placement and verb-second. Diachronica, 25(3). https://doi.org/10.1075/dia.25.3.08har
Hübener, C. J. (2023). The morphologization of German noun-participle combinations. A diachronic case study. Morphology. https://doi.org/10.1007/s11525-023-09407-6
Irawan, E., Haswanto, N., & Ratri, D. (2021). Kajian Elemen Visual Pada Foto Promosi Produk Fashion Lokal ‘Cotton Ink’ di Instagram. Jurnal Desain Indonesia. https://doi.org/10.52265/jdi.v3i1.75
Irmayansyah, M. (2019). Fuzzy Inference System Tsukamoto Untuk Optimalisasi Jumlah Media Promosi Brosur di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 6(2). https://doi.org/10.36350/jbs.v6i2.37
Jabar, I. A., & Bukhori, H. A. (2023). Penggunaan Aplikasi GitMind untuk Pembuatan Baumdiagramm dalam Pembelajaran Sintaksis Bahasa Jerman. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3). https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p353-363
Kenalemang, L. M. (2021). Visual ageism and the subtle sexualisation of older celebrities in L’Oréal’s advert campaigns: A Multimodal Critical Discourse Analysis. Ageing and Society. https://doi.org/10.1017/S0144686X20002019
Kilipiri, E., Papaioannou, E., & Kotzaivazoglou, I. (2023). Social Media and Influencer Marketing for Promoting Sustainable Tourism Destinations: The Instagram Case. Sustainability (Switzerland), 15(8). https://doi.org/10.3390/su15086374
Madina, I. H., & Kumala, A. D. (2020). Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12020
Masiero, F. (2023). Hektik pur : zu den unflektierten nachgestellten Adjektiven im Deutschen und zu deren Wiedergabe im Italienischen . Lebende Sprachen, 0(0). https://doi.org/10.1515/les-2023-0005
McDonald. (2023a). Das wollen wir sehen. https://www.instagram.com/p/CtZJQDoNQfK/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
McDonald. (2023b). Die Bestellten Nuggets und Pommes sind in der Tuete. https://www.instagram.com/p/CvEwTxBOsgh/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
McDonald. (2023c). Du Siehst den Neuen Big Mac zum Ersten Mal. https://www.instagram.com/reel/CvJ0LcsBTvb/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
McDonald. (2023d). Wir Haben Einen Neuen Big Mac. https://www.instagram.com/p/Cu9B69ftfdX/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
Pangastuti, T. H. W. (2018). Gaya Bahasa Wahlplakat 2013 Di Jerman. Identitaet, 7(2).
Purwono, P. Y., Rasiawan, M. F., & Wijaya, O. V. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Berbantuan Aplikasi AWAN ASA. Brila: Journal of Foreign Language Education, 1(2), 55–67.
Purwono, P. Y. (2021). Kalimat Deklaratif dalam Iklan McDonald. Identitaet, 10(2), 153–163.
Ridwan, A. (2017). Stilistika Bahasa Jerman. UM Press.
Roehrs, D. (2020). The morpho-syntax of phrasal proper names in German. Glossa, 5(1). https://doi.org/10.5334/GJGL.1267
Schmid, D. (2017). Zur Struktur des deutschen Satzes. Systematische Betrachtung der einzelnen Satzpositionen unter didaktischen Gesichtspunkten. Zeitschrift Für Interkulturellen Fremdsprachenunterricht, 22(1).
Shchipitsina, L. Y. (2009). Stilistik der Deutschen Sprache. Поморский университет.
Sowinski, B. (1992). Deutsche Stilistik. Fischer Taschenbuch Verlag.
Sulistiyowati, S. (2016). Gaya Bahasa Iklan Minuman Capri Sonne Berbahasa Jerman [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/33541057.pdf
Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1). https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865
Suwito, N. (2013). Fungsi Dan Gaya Bahasa Iklan Kosmetik Berbahasa Jerman. Skipsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Welke, K. (2019). 7. Wortstellung. In Konstruktionsgrammatik des Deutschen. https://doi.org/10.1515/9783110614077-007
Afdholy, N., Andalas, E. F., Thalib, A. A., & Kamalia, M. F. J. (2020). Wacana Poskolonial dalam Iklan Enfagrow A+ di Indonesia. In Jurnal Bindo Sastra (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2103
Chiarcos, C., Kosmehl, B., Fäth, C., & Sukhareva, M. (2019). Analyzing middle high German syntax with RDF and SPARQL. LREC 2018 - 11th International Conference on Language Resources and Evaluation.
Chika, J., & Candraningrum, D. A. (2020). Strategi Digital Content Marketing Toyota Yaris Melalui Webisode “Mengakhiri Cinta dalam Tiga Episode.” Prologia, 4(1). https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6472
Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran (4th ed.). Pelajar Pustaka.
Drummer, J. D., & Felser, C. (2023). Connectivity effects in pseudoclefts in L1 and L2 speakers of German. Second Language Research. https://doi.org/10.1177/02676583221141314
Duden. (2009). Duden Grammatik. Der Duden in 10 Bänden, 4.
Durianto, S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Erlangga.
Fanani, A., Setiawan, S., Purwati, O., Maisarah, M., & Qoyyimah, U. (2020). Donald Trump’s grammar of persuasion in his speech. Heliyon, 6(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e03082
Filippova, K., & Strube, M. (2007). The German vorfeld and local coherence. Journal of Logic, Language and Information, 16(4). https://doi.org/10.1007/s10849-007-9044-3
Finkbeiner, R. (2023). Quotational nicknames in German at the interface between syntax, punctuation, and pragmatics. Linguistics, 61(2). https://doi.org/10.1515/ling-2021-0084
Fyndanis, V., Miceli, G., Capasso, R., Killmer, H., Malefaki, S., & Grohmann, K. K. (2023). Production of Sentential Negation in German and Italian Non-fluent Aphasia. Journal of Psycholinguistic Research, 52(2). https://doi.org/10.1007/s10936-022-09894-4
Gaweł, A. (2022). ON THE NOTION OF THE SUBORDINATE CLAUSE IN GERMAN LINGUISTICS. Studia Linguistica Universitatis Iagellonicae Cracoviensis, 139(3). https://doi.org/10.4467/20834624SL.22.010.16120
Gómez-Ortiz, M. J., Domínguez Romero, E., & Bobkina, J. (2023). Instagram as a learning tool to improve technical vocabulary for sports science students. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 32. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416
Harbert, W. (2008). Review of Axel (2007): Studies on Old High German Syntax: Left sentence periphery, verb placement and verb-second. Diachronica, 25(3). https://doi.org/10.1075/dia.25.3.08har
Hübener, C. J. (2023). The morphologization of German noun-participle combinations. A diachronic case study. Morphology. https://doi.org/10.1007/s11525-023-09407-6
Irawan, E., Haswanto, N., & Ratri, D. (2021). Kajian Elemen Visual Pada Foto Promosi Produk Fashion Lokal ‘Cotton Ink’ di Instagram. Jurnal Desain Indonesia. https://doi.org/10.52265/jdi.v3i1.75
Irmayansyah, M. (2019). Fuzzy Inference System Tsukamoto Untuk Optimalisasi Jumlah Media Promosi Brosur di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 6(2). https://doi.org/10.36350/jbs.v6i2.37
Jabar, I. A., & Bukhori, H. A. (2023). Penggunaan Aplikasi GitMind untuk Pembuatan Baumdiagramm dalam Pembelajaran Sintaksis Bahasa Jerman. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3). https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p353-363
Kenalemang, L. M. (2021). Visual ageism and the subtle sexualisation of older celebrities in L’Oréal’s advert campaigns: A Multimodal Critical Discourse Analysis. Ageing and Society. https://doi.org/10.1017/S0144686X20002019
Kilipiri, E., Papaioannou, E., & Kotzaivazoglou, I. (2023). Social Media and Influencer Marketing for Promoting Sustainable Tourism Destinations: The Instagram Case. Sustainability (Switzerland), 15(8). https://doi.org/10.3390/su15086374
Madina, I. H., & Kumala, A. D. (2020). Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12020
Masiero, F. (2023). Hektik pur : zu den unflektierten nachgestellten Adjektiven im Deutschen und zu deren Wiedergabe im Italienischen . Lebende Sprachen, 0(0). https://doi.org/10.1515/les-2023-0005
McDonald. (2023a). Das wollen wir sehen. https://www.instagram.com/p/CtZJQDoNQfK/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
McDonald. (2023b). Die Bestellten Nuggets und Pommes sind in der Tuete. https://www.instagram.com/p/CvEwTxBOsgh/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
McDonald. (2023c). Du Siehst den Neuen Big Mac zum Ersten Mal. https://www.instagram.com/reel/CvJ0LcsBTvb/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
McDonald. (2023d). Wir Haben Einen Neuen Big Mac. https://www.instagram.com/p/Cu9B69ftfdX/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
Pangastuti, T. H. W. (2018). Gaya Bahasa Wahlplakat 2013 Di Jerman. Identitaet, 7(2).
Purwono, P. Y., Rasiawan, M. F., & Wijaya, O. V. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Berbantuan Aplikasi AWAN ASA. Brila: Journal of Foreign Language Education, 1(2), 55–67.
Purwono, P. Y. (2021). Kalimat Deklaratif dalam Iklan McDonald. Identitaet, 10(2), 153–163.
Ridwan, A. (2017). Stilistika Bahasa Jerman. UM Press.
Roehrs, D. (2020). The morpho-syntax of phrasal proper names in German. Glossa, 5(1). https://doi.org/10.5334/GJGL.1267
Schmid, D. (2017). Zur Struktur des deutschen Satzes. Systematische Betrachtung der einzelnen Satzpositionen unter didaktischen Gesichtspunkten. Zeitschrift Für Interkulturellen Fremdsprachenunterricht, 22(1).
Shchipitsina, L. Y. (2009). Stilistik der Deutschen Sprache. Поморский университет.
Sowinski, B. (1992). Deutsche Stilistik. Fischer Taschenbuch Verlag.
Sulistiyowati, S. (2016). Gaya Bahasa Iklan Minuman Capri Sonne Berbahasa Jerman [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/33541057.pdf
Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1). https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865
Suwito, N. (2013). Fungsi Dan Gaya Bahasa Iklan Kosmetik Berbahasa Jerman. Skipsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Welke, K. (2019). 7. Wortstellung. In Konstruktionsgrammatik des Deutschen. https://doi.org/10.1515/9783110614077-007.