ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA (CONSUMER SATISFACTION) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BERBASIS TUJUH STANDAR AKREDITASI BAN-PT TAHUN 2015
DOI:
https://doi.org/10.21009/econosains.0132.02Keywords:
customer, customer satisfaction indeks(CSI), standar BAN PTAbstract
ABSTRACT
Ditengah persaingan perguruan tinggi negeri dan swasta, dimana perguruan tinggi negeri memasuki bentuk baru yaitu Badan Layanan Umum (BLU), perguruan tinggi negeri semakin di tuntut untuk menyediakan layanan yang setaraf dengan perguruan tinggi swasta seiring dengan kenaikan biaya pendidikan yang harus mahasiswa bayarkan. Oleh karena itu fokus terhadap kepuasan para mahasiswa yang merupakan pelanggan pada perguruan Tinggi Negeri perlu ditingkatkan. agar eksistensinya terjamin, Fakultas Ekonomi UNJ, harus menjalankan penjaminan mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakannya. Perlu dikemukakan bahwa, penilaian stakeholders senantiasa berkembang, maka kegiatan penjaminan mutu juga harus selalu disesuaikan pada perkembangan stakeholders agar peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) dapat terus tercapai. maka salah satu cara yang dapat dicapai adalah dengan melakukan riset terhadap mahasiswa mengenai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh fakultas ekonomi UNJ. Tujuan penelitian ini agar Fakultas Ekonomi menjadi lebih memahami harapan stake holder dan dapat meningkatkan pelayanan dan dapat dijadikan skala prioritas bagi Fakultas Ekonomi dalam menyusun sasaran strategik ke depan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bawa rata-rata indeks kepuasan dari ketujuh standar adalah sebesar 82%, namun demikian jika melihat kriteria kepuasan maka level kepuasannya berada pada predikat cukup puas.
Kata kunci : customer,customer satisfaction indeks(CSI) ,standar BAN PT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Econosains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.