Pembelajaran Daring Berbasis Konten pada Program Kursus Bahasa Asing

Authors

  • Novia Chyntia Dewi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/ijalr.31.02

Keywords:

Kursus; Daring; Bahasa Asing; Konten

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembelajaran bahasa asing (B2) berbasis konten pada program kursus bahasa yang dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, evaluasi, kelebihan serta kekurangan pendekatan berbasis konten dalam pembelajaran daring kursus bahasa asing. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka yang merujuk pada teori atau artikel-artikel terkait proses kegiatan belajar mengajar daring berbasis konten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan berbasis konten dalam pembelajaran daring bahasa asing terdiri dari tiga tahapan kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup yang seluruhnya berfokus pada pembelajaran dengan konteks tema tertentu. Evaluasi pembelajaran berbasis konten dapat dilakukan guru dengan memberikan serangkaian pertanyaan tes yang berkaitan dengan tema atau topik yang dipelajari baik melalui tanya jawab menggunakan aplikasi tatap maya seperti Zoom ataupun meminta siswa mengerjakan soal-soal menggunakan aplikasi lain seperti Quizizz, Kahoot atau Google Classroom. Kelebihan pendekatan berbasis konten adalah cukup mudah diterapkan dalam pembelajaran daring sehingga pembelajaran lebih efektif, menarik, dan memotivasi siswa. Kekurangannya adalah fokus pembelajaran hanya pada pemahaman siswa terkait materi pelajaran bukan pada penguasaan kompetensi serta kurang mengasah penerapan konsep bahasa dalam konteks kehidupan nyata.

Downloads

Published

2022-03-30