Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan

Authors

  • Raula SMPN 1 KELING JEPARA
  • Bambang Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Saptono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini mengidentifikasi keterampilan berpikir siswa pada pembelajaran IPA terpadu tema Lingkungan. Proses pembelajaran IPA tepadu akan tercapai tujuan yang diharapkan jika kemampuan awal siswa dalam hal keterampilan berpikir kritis sudah diketahui sebelumnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data bersifat deskriptif dengan menggunakan pengolahan statistik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Suarakarta sejumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis siswa berupa soal tes pilihan ganda berjumlah 15 butir, dengan indikator keterampilan berpikir kritis diantaranya (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) membangun keterampilan dasar, (3)menyimpulkan, (4) memberikan penjelasan lebih lanjut, dan (5) strategi dan teknik. Hasil penelitian pada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya menunjukkan indkator kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut memiliki persentase paling rendah sedangkan kemampuan memberikan penjelasan sederhana memiliki persentase paling tinggi

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Samsul Amarila, R., Subali, B. ., & Saptono, S. . (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192