ANALISIS KEPEKAAN LINGKUNGAN SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA TOPIK PEMANASAN GLOBAL

Authors

  • Lani Prabawati Physic Education of Satya Wacana Christian University

DOI:

https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.20206

Keywords:

Kepekaan Lingkungan, Pemanasan Global, Peduli Lingkungan

Abstract

Pemanasan global merupakan salah satu indikator kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Kepekaan lingkungan bukan sepenuhnya talenta atau naluri bawaan, melainkan hasil dari suatu proses pendidikan. Pendidikan merupakan sarana dalam upaya menyadarkan masyarakat menghentikan atau meminimalisir dampak kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia yang bersifat program jangka panjang. Oleh karena itu, penanaman sikap berwawasan lingkungan kepada siswa merupakan salah satu bentuk proses pembentukan sikap positif generasi muda melalui jalur Pendidikan formal. Guru berperan penting dalam menyampaikan ilmu ini kepada siswa, karena siswa adalah generasi penerus yang bertugas menjaga lingkungan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini bertujuan menyelidiki tingkat kepekaan lingkungan dengan tema pemanasan global pada siswa SMP, yang diharapkan dapat dijadikan salah satu dasar pembuatan model maupun  media pembelajaran ke depannya untuk dapat menanamkan rasa peduli lingkugan pada siswa.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Lani Prabawati. (2021). ANALISIS KEPEKAAN LINGKUNGAN SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA TOPIK PEMANASAN GLOBAL. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(2), 36–46. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.20206