ANALISIS KEPEKAAN LINGKUNGAN SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA TOPIK PEMANASAN GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.20206Keywords:
Kepekaan Lingkungan, Pemanasan Global, Peduli LingkunganAbstract
Pemanasan global merupakan salah satu indikator kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Kepekaan lingkungan bukan sepenuhnya talenta atau naluri bawaan, melainkan hasil dari suatu proses pendidikan. Pendidikan merupakan sarana dalam upaya menyadarkan masyarakat menghentikan atau meminimalisir dampak kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia yang bersifat program jangka panjang. Oleh karena itu, penanaman sikap berwawasan lingkungan kepada siswa merupakan salah satu bentuk proses pembentukan sikap positif generasi muda melalui jalur Pendidikan formal. Guru berperan penting dalam menyampaikan ilmu ini kepada siswa, karena siswa adalah generasi penerus yang bertugas menjaga lingkungan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini bertujuan menyelidiki tingkat kepekaan lingkungan dengan tema pemanasan global pada siswa SMP, yang diharapkan dapat dijadikan salah satu dasar pembuatan model maupun media pembelajaran ke depannya untuk dapat menanamkan rasa peduli lingkugan pada siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-ShareAlike)