KETERAMPILAN BELAJAR (STUDY SKILLS) MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FIP UNJ
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.04Keywords:
keterampilan belajar, bantuan belajar, manajemen waktuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan keterampilan belajar (study skills)
mahasiswa bimbingan dan konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi seluruh mahasiswa
jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNJ angkatan 2010 dan 2011 sebanyak
129 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah the Learning and Study Strategies
Inventory (LASSI) yang telah dikembangkan selama sepuluh tahun oleh Weinstein,
Palmer and Schulte (1987). Berdasarkan hasil analisis data didapat bahwa mahasiswa
angkatan 2010 memiliki keterampilan belajar yang lebih baik dari mahasiswa angkatan
2011 namun masih banyak mahasiswa yang membutuhkan bantuan segera untuk
meningkatkan keterampilan belajarnya. Aspek yang perlu mendapat perhatian segera
adalah konsentrasi, bantuan belajar, manajemen waktu, pengujian diri, dan kecemasan.
KataKunci: keterampilan belajar, bantuan belajar, manajemen waktu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY