KETERAMPILAN BELAJAR (STUDY SKILLS) MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FIP UNJ

Authors

  • Eka Wahyuni Dosen Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.04

Keywords:

keterampilan belajar, bantuan belajar, manajemen waktu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan keterampilan belajar (study skills)
mahasiswa bimbingan dan konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi seluruh mahasiswa
jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNJ angkatan 2010 dan 2011 sebanyak
129 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah the Learning and Study Strategies
Inventory (LASSI) yang telah dikembangkan selama sepuluh tahun oleh Weinstein,
Palmer and Schulte (1987). Berdasarkan hasil analisis data didapat bahwa mahasiswa
angkatan 2010 memiliki keterampilan belajar yang lebih baik dari mahasiswa angkatan
2011 namun masih banyak mahasiswa yang membutuhkan bantuan segera untuk
meningkatkan keterampilan belajarnya. Aspek yang perlu mendapat perhatian segera
adalah konsentrasi, bantuan belajar, manajemen waktu, pengujian diri, dan kecemasan.
KataKunci: keterampilan belajar, bantuan belajar, manajemen waktu.

Downloads

Published

2017-05-08