PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PKN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PERILAKU ETIS SISWA

Authors

  • Wiwi Widya Mahasiswa Bimbingan Konseling
  • Gantina Komalasari Dosen Bimbingan Konseling
  • Dewi Justitia Dosen Bimbingan Konseling

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.06

Keywords:

pembelajaran terpadu model webbed, kompetensi perilaku etis

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi perilaku etis siswa melalui model pembelajaran terpadu layanan bimbingan
klasikal dalam pendidikan kewarganegaraan.. Model penelitian yang digunakan adalah
model Kemmis dan Taggart dengan metode observasi yang dilakukan oleh kolaborator.
Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas III SD Islam Darussalam Bekasi yang berjumlah
26 siswa.Penelitian dilaksanakan sejak bulan Februari sampai Mei 2012 terdiri
dari satu siklus selama 4 kali pertemuan.Model pembelajaran terpadu yang digunakan
dalam penelitian ini model Webbed (tematik), dengan tema lingkungan. Instrumen yang
digunakan adalah tes dan non tes.Uji validitas instrumen sebelum pelaksanaan dilakukan
dengan rumus product moment, sedangkan indeks reliabilitas dengan rumus KR-20
didapat 0,889 yang berarti bahwa instrumen soal reliabel. Instrumen juga melalui tahap
hitung uji kesukaran dengan penggunaan soal mudah-sedang dan uji daya beda soal dengan
hasil baik,sedang, dan sangat baik.Instrumen tes berupa tes pemahaman yang telah
divalidasi sebanyak 27 butir. Instrumen non tes yang digunakan adalah observasi, daftar
cek, dan wawancara. Sebelum pelaksanaan tingkat pemahaman siswasebesar 60 % dan
setelah tindakan sebesar 82 %. Untuk varibel tindakan pembelajaran terpadu melalui observasi
sebesar 93%, dan tanggapan siswa terhadap pelaksanaan tindakan sebesar 97%.
Kata Kunci : pembelajaran terpadu model webbed,kompetensi perilaku etis

Downloads

Published

2012-06-30