Pengaruh Penerapan Teknik Jigsaw Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Fakultas Kedokteran Gigi (Studi Pra-Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 36 Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.05Keywords:
Pemahaman Teknik Jigsaw, Fakultas Kedokteran GigiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pemberian teknik Jigsaw terhadap pemahaman siswa mengenai Fakultas kedokteran gigi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 – Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berjenis Pra-Eksperimen, dengan menggunakan model pre-post one group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pre dan post tes. Penelitian ini menggunakan 1 kelas, yaitu kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 40 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknik Jigsaw terhadap pemahaman siswa mengenai fakultas kedokteran gigi. Implikasi dari penelitian ini bagi guru pembimbing adalah teknik Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu teknik pengajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai suatu materi khususnya materi fakultas kedokteran gigi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY