Pengaruh Penerapan Teknik Jigsaw Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Disiplin Sekolah

Authors

  • Rizqi Amalia
  • Louise Siwabessy
  • Michiko Mamesah

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.12

Keywords:

Pemahaman Disiplin Sekolah, Bimbingan Klasikal, Teknik Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman siswa mengenai disiplin sekolah, selanjutnya penelitian ini juga untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan teknik jigsaw dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai displin sekolah di SMA Negeri 103 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berjenis pre eksperimen, dengan menggunakan model pre-post one goup design. Hasil uji normalitas pre dan post test dengan chi kuadrat diperoleh χ2 hitung 3,45 dan 6,00 karena χ 2 hitung < χ2 tabel maka hipotesis penelitian (H1) diterima. Dengan demikian hasil yang diperoleh dari sampel yang berasal dari populasi berdistribusi normal. Selain itu, pengujian homogenitas juga dihitung dengan rumus uji-F. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa Fhitung < Ftabel atau 1,66 < 1,71, artinya kedua data tersebut homogen.Uji hipotesis, Thitung = 10,39 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh Ttabel = 1,68. Ternyata Thitung = 10,39 > Ttabel = 1,68. Jadi H1 diterima. Kesimpulan penelitian, bahwa terdapat pengaruh penerapan teknik jigsaw dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai displin sekolah di SMA Negeri 103 Jakarta Timur.

Published

2012-12-31