Pengaruh Teknik Jigsaw Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kelompok IPS di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.13Abstract
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan pre test-post test nonequivalent group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran siswa mengenai pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kelompok IPS di Perguruan Tinggi, serta pengaruh penggunaan teknik Jigsaw dalam bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kelompok IPS di Perguruan Tinggi. Populasi penelitian siswa kelas XI IPS dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman berbentuk pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen terhadap 36 orang responden, diperoleh 40 butir item yang valid dan hasil reliabilitasnya 0,94 dengan rumus KR-20 menunjukkan bahwa instrumen reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan sampel berasal dari data yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan rumus uji F menyatakan bahwa Fhitung<Ftabel atau 1,14<1,9 artinya data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, hasil thitung= 2,92 dengan taraf signifikansi α=0.05 maka diperoleh ttabel=1,68. Ternyata thitung= 2,92>ttabel(0.05)=1,68 jadi Ho ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh teknik Jigsaw dalam bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kelompok IPS di Perguruan Tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY