Pengaruh Teknik Jigsaw Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kelompok IPS di Perguruan Tinggi

Authors

  • Sabrina Caroline
  • Kartika Hajati
  • Dewi Justitia

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.13

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan pre test-post test nonequivalent group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran siswa mengenai pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kelompok IPS di Perguruan Tinggi, serta pengaruh penggunaan teknik Jigsaw dalam bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kelompok IPS di Perguruan Tinggi. Populasi penelitian siswa kelas XI IPS dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman berbentuk pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen terhadap 36 orang responden, diperoleh 40 butir item yang valid dan hasil reliabilitasnya 0,94 dengan rumus KR-20 menunjukkan bahwa instrumen reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan sampel berasal dari data yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan rumus uji F menyatakan bahwa Fhitung<Ftabel atau 1,14<1,9 artinya data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, hasil thitung= 2,92 dengan taraf signifikansi α=0.05 maka diperoleh ttabel=1,68. Ternyata thitung= 2,92>ttabel(0.05)=1,68 jadi Ho ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh teknik Jigsaw dalam bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan kelompok IPS di Perguruan Tinggi.

Published

2012-12-31