Pengaruh Metode Mind Map Terhadap Pemahaman Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas X SMA Negeri 104 Jakarta

Authors

  • Dini Ardiningsih
  • Awaluddin Tjalla
  • Djunaedi Djunaedi

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.17

Keywords:

Metode Mind Map, Bimbingan Klasikal, Pemahaman Kecerdasan Spiritual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode mind map terhadap pemahaman kecerdasan spiritual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan design one-group pre-post test, menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pre dan post tesnya. Pengambilan data sebelum dan sesudah layanan bimbingan klasikal dengan metode mind map dilakukan dengan pemberian tes pemahaman berbentuk pilihan ganda mengenai kecerdasan spiritual. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji coba instrumen terhadap 34 siswa. Hasil pengujian validitas diperoleh 27 item yang valid dari 43 item. Sedangkan hasil reliabilitasnya 0,90 dengan rumus KR-20 dan menunjukkan bahwa reliabilitasnya tinggi. Pada uji hipotesis, thitung = 15,4 dengan taraf signifikan = 0,05 maka diperoleh ttabel = 1,67. Ternyata thitung = 15,4 > ttabel = 1,67 jadi H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan metode mind map dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman kecerdasan spiritual.

Published

2012-12-31