Tingkat Penilaian Siswa Kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta Terhadap Perilaku Academic Cheating
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.21Keywords:
tingkat penilaian, valuing, academic cheatingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat valuing siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta terhadap perilaku academic cheating. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dalam jenis survey. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta yang berjumlah 377 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disusun dengan menggunakan skala berjenjang model Likert. Instrumen penelitian berisi 48 butir pernyataan dan telah diujicobakan. Uji validitas butir instrumen penelitian dilakukan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang menghasilkan 33 butir valid. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach dan didapat hasil 0,8814 yang berarti bahwa instrumen memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis persentase dengan klasifikasi penerimaan nilai, preferensi nilai, dan komitmen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 50% siswa memegang penilaian terhadap perilaku academic cheating pada tingkat penerimaan nilai yang merupakan tingkat penilaian terendah, sehingga masih banyak kecurangan yang dilakukan oleh siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY