Tingkat Penilaian Siswa Kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta Terhadap Perilaku Academic Cheating

Authors

  • Mujito Mujito
  • Retty Filiani
  • Meithy Intan

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.012.21

Keywords:

tingkat penilaian, valuing, academic cheating

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat valuing siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta terhadap perilaku academic cheating. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dalam jenis survey. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta yang berjumlah 377 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disusun dengan menggunakan skala berjenjang model Likert. Instrumen penelitian berisi 48 butir pernyataan dan telah diujicobakan. Uji validitas butir instrumen penelitian dilakukan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang menghasilkan 33 butir valid. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach dan didapat hasil 0,8814 yang berarti bahwa instrumen memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis persentase dengan klasifikasi penerimaan nilai, preferensi nilai, dan komitmen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 50% siswa memegang penilaian terhadap perilaku academic cheating pada tingkat penerimaan nilai yang merupakan tingkat penilaian terendah, sehingga masih banyak kecurangan yang dilakukan oleh siswa.

Published

2012-12-31