PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PESERTA DIDIK UNTUK MENGHADAPI KONFLIK ORANGTUA – REMAJA
(Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 53 Jakarta Timur)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.042.04Keywords:
bimbingan kelompok, komunikasi antarpribadi, konflik orangtua – remaja, role playAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi peserta didik kelas X di SMA Negeri 53 Jakarta melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode role play. Metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini mengggunakan purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah duapuluh dua orang siswa kelas X SMA Negeri 53 Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest yang dikembangkan oleh peneliti mengenai keterampilan komunikasi antarpribadi berdasarkan teori dari Joseph DeVito. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik Mann Whitney U Test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.000, yang berarti melalui hasil perhitungan tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa pada keterampilan komunikasi antarpribadi Sig < 0,05, artinya peningkatan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa kelompok treatment lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah membantu meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa untuk menghadapi konflik orangtua – remaja kelas X di SMA Negeri 53 Jakarta Timur. Melalui dinamika kelompok, layanan bimbingan kelompok dapat memfasilitasi siswa untuk mengenal dan mengekspresikan perasaan diri dan orang lain, berpendapat serta membina hubungan dengan sesama anggota.
Kata kunci: bimbingan kelompok, komunikasi antarpribadi, konflik orangtua – remaja, role play
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY