PROFIL SOCIAL SELF OF WELLNESS MAHASISWA STRATA 1 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.042.13Keywords:
Wellness, Social Self, MahasiswaAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil social self of wellness mahasiswa Strata 1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2014, 2013, 2012, dan 2011 yang berjumlah 3.291 mahasiswa, dengan jumlah sampel sebanyak 317 responden, menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen social self yang dikembangkan dari dimensi model the indivisible self dalam teori wellness yang dikemukakan oleh Myers dan Sweeney. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 53,9% (171 mahasiswa) berada pada kategori tinggi, 46,1% (146 mahasiswa) berada pada kategori sedang dan tidak ada mahasiswa pada kategori rendah. Kesmipulan dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa berada pada ketegori tinggi yang artinya mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta memiliki kemampuan social self yang baik.
Kata Kunci : Wellness, Social Self, Mahasiswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY