PROFIL THE PHYSICAL SELF OF WELLNESS MAHASISWA S1 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Studi Deskriptif Pada Angkatan 2011-2014)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.042.14Keywords:
Physical self, nutrition, exerciseAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil the physical self of wellness pada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas Negeri Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 3291 mahasiswa S1 FIP UNJ dan sampelnya sebanyak 317 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode yang digunakan adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner yang harus diisi oleh mahasiswa dan dilakukan analisis data dengan menggunakan pengkategorisasian. Kategorisasi dibagi menjadi lima yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan pencapaian physical self mahasiswa S1 FIP UNJ frekuensi terbanyak berada pada kategori sedang dengan persentase 70.97%, yang artinya secara keseluruhan mahasiswa S1 FIP UNJ cukup mampu dalam menjaga keseimbangan nutrition dan exercise secara rutin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Implikasi dari temuan penelitian ini yaitu apabila tidak diberikan layanan informasi yang tepat akan dapat berdampak pada menurunnya prestasi akademik mahasiswa.
Kata Kunci: Physical self, nutrition, exercise
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY