TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU TERHADAP PEMAHAMAN JENIS DAN DAMPAK BULLYING DI SMP 135 JAKARTA

Authors

  • Mairiyah Ulfa
  • Eka Wahyuni
  • Dharma Setiawaty

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.12

Keywords:

teknik dua tinggal dua tamu, pemahaman, jenis dan dampak bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik dua tingga dua tamu untuk meningkatkan pemahaman mengenai jenis dan dampak bullying di SMP Negeri 135 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan model one group pre – post test design dengan sampel sebanyak 36 siswa pada kelas VIII-5 dari populasi siswa sebanyak 180 siswa dan sampel diambil secara purposive. Uji hipotesis menggunakan rumus wilcoxon dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 dengan menggunakan SPSS versi 16.00 dengan kriteria Ho jika asym sig one tail < 0,05. Hasil menunjukkan asym sig one tail < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sehingga disimpulkan adanya peningkatan skor pemahaman jenis dan dampak bullying. Berdasarkan hasil pengolahan skor terjadinya peningkatan pemahaman jenis dan dampak bullying pada kategori tinggi sebesar 44%, penurunan kategori sedang 7% dan penurunan kategori rendah sebesar 37%.

Published

2016-01-30